Kesan Pertama All New Honda CBR150R di Mata Pembalap
GM Juli 2015
Dunia Scooter Magazine
Achilles Tire
ME-REVIEW
09
Sep
2014

Kesan Pertama All New Honda CBR150R di Mata Pembalap

  12263   0
Kesan Pertama Honda All New CBR150R Di Mata Pembalap
Kesan Pertama Honda All New CBR150R Di Mata Pembalap
Kesan Pertama Honda All New CBR150R Di Mata Pembalap
Kesan Pertama Honda All New CBR150R Di Mata Pembalap
Kesan Pertama Honda All New CBR150R Di Mata Pembalap
Kesan Pertama Honda All New CBR150R Di Mata Pembalap

JAKARTA, ME. Bertepatan dengan ajang Honda Racing Championship (HRC) seri keempat yang digelar di sirkuit non permanen, Kemayoran, Jakarta (07/9), varian terbaru PT Astra Honda Motor (AHM), All New CBR150R, resmi mengaspal. Para pembalap Honda pun ikutan menjajal All New CBR150R di trek tersebut..

Kelar launching, motor sport 150 cc full fairing ini langsung jadi sasaran para test rider yang merupakan awak media, bradsis. Tapi sebelumnya, para pembalap Honda yang terlebih dahulu dikasih kesempatan untuk nyobain seberapa hebatnya motor ini, baik dari segi performa, maupun handling dari CBR150R versi lokal ini. Kelas CBR150R standar langsung dibuka pada HRC 2014 seri keempat itu.

Dijajal dengan sirkuit yang notabene lebih cocok untuk karakter motor bebek, para pembalap mengaku terkejut, bradsis. Berdasarkan pengakuan pembalap seperti Wawan Hermawan dari tim Astra Motor Racing Team, All New CBR150R mempunyai handling yang mumpuni, mampu naklukin tikungan yang mengalir dan patah-patah.

“Sirkuit dadakan ini memang cocok untuk motor bebek, tapi saya coba perlahan, dan saya gak menyangka All New CBR150R lincah. Jadi, saya membawanya seperti motor Underbone. Untuk handling-nya pun sangat baik. Untuk power bawah dan torsinya cukup kuat,” ungkap Wawan Hermawan, sang pemenang kelas 110cc Tune Up Seeded.

Performa motor yang memiliki daya maksimum 12,6 kW pada 10.500 RPM dan torsi maksimum 13,0 Nm pada 7.500 RPM ini juga diakui kehebatannya oleh Owie Nurhuda dari tim Honda Oei Kukar KYT IRC. Kesan pertamanya adalah terkejut, lantaran dengan sirkuit dadakan seperti itu, manuver yang ditawarkan All New CBR150R tetap ajip, meski doi sendiri sempat bingung, bradsis.

“Kebetulan saya baru pertama kali bawa All New CBR150R dengan trek yang seperti ini. Sempat bingung juga, karena trek ini lebih cocok untuk motor Underbone. Tapi dari awal lap saya coba terus bermanuver dan ternyata performanya mantap,” ungkap Owie yang finish kedua di belakang Wawan.

Rencananya, All New Honda CBR150R ini enggak butuh lama menunggu untuk terjun di kancah kejuaraan balap, bradsis. Di HRC sendiri, untuk seri berikutnya All New CBR150R ini direncanakan akan langsung menggantikan kelas OMR CB150R StreetFire. Begitu pun dengan kejuaraan di Indospeed Race Series (IRS), bradsis.

“Ya, nantinya All New CBR150R akan langsung terjun ke balap untuk menggantikan OMR CB150R di HRC dan IRS. Kita akan memfokuskan untuk pembibitan pembalap muda kedepannya,” ujar Safety Riding and Motorsport Development AHM, Rizky Cristanto.

Text: Dimas (dimasmotorexpertz@gmail.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Dok.ME
  419 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (18)
B. Yamaha WR 250 R (48)
C. Viar Cross X 250 SE (34)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !