Rantai Copot Pas Lagi Ngebut, Malunya Tuh di Sini
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
PERAWATAN
16
Sep
2014

Rantai Copot Pas Lagi Ngebut, Malunya Tuh di Sini

  18231   0
pengencengan-as-roda-saat-stell-rantai-15-9-2014
pengencengan-as-roda-saat-stell-rantai-15-9-2014
kunci-kunci-untuk-stel-pembersih-rantai-15-9-2014
kunci-kunci-untuk-stel-pembersih-rantai-15-9-2014
pengaturan-kendor-kencang-rantai-15-9-2014
pengaturan-kendor-kencang-rantai-15-9-2014

JAKARTA, ME. Melajunya motor gak cuma dilihat dari kapasitas mesin yang tokcer atau bahan bakar yang digunakan, tetapi ada part penting lagi yang membuat akselerasi motor menjadi lebih ngacir, yaitu rantai. Rantai yang kendur dapat menyebabkan lari motor tidak lancar, bahkan juga bisa terlepas dari gir, dan bisa membahayakan pula..

Begitu pun dengan tegangan rantai, apabila terlalu kencang bisa putus di tengah jalan, 'kan malah jadi repot. Maka sebelum rantai motor loe putus di tengah perjalanan, ada baiknya lakukan perawatan rantai pada motor secara teratur. Berikut tips yang bisa loe lakuin dalam perawatan rantai:

1. Setel Rantai Secara Teratur.
Setel rantai bukan berarti harus dikencangkan atau hanya dikendurkan, yang perlu diperhatikan adalah pengunci rangkaian ban dan pelek yang perlu diluruskan. ”Kunci yang mesti loe sediain pada saat penyetelan di antaranya kunci 12, 14, 17, 19, 22, dan 24, itu juga tergantung jenis motornya,” ujar Rafly, mekanik AMS yang terletak di Cipadu, Kreo.

 

2. Bersihkan Kotoran.
Kotoran itu biasanya terdiri dari debu, tanah, atau pasir yang menempel, bradsis. Kotoran ini yang bisa mengikis rantai motor brader n sista secara perlahan-lahan. “Bersihkan rantai tersebut dengan menggunakan sikat kawat guna menghilangkan kerak oli yang sudah menempel pada rantai. Setelah itu, semprotkan cairan khusus untuk rantai motor,” tambah brader yang akrab disapa Aki ini.

Minimal pembersihkan rantai dilakukan sebulan sekali. Setelah itu lumasi kembali rantai dengan pelumas rantai atau chain lubricant.
 

3. Posisi Rantai Harus Tetap Lurus.
Posisi rantai juga sangat berpengaruh akan ketahanan rantai motor. Jika posisinya miring, maka dengan sendirinya rantai itu juga akan menggesek bagian yang lain dan terkikis. Jangan biarkan jika rantai motor brader n sista mengeluarkan suara-suara yang bising.

 

4. Potong Rantai Hanya Satu Kali.
Untuk mengatasi rantai kendur, cara praktis yang bisa dilakukan adalah memotong satu mata rantai. ME sarankan jangan lebih dari satu kali, sebab gerakan rantai akan menjadi kurang maksimal. Pabrikan motor sudah pasti memperhitungkan jarak terbaik antara gir dan rantai motor, bradsis.

Sekian dulu tips dalam perawatan rantai motor. Mudah 'kan cara perawatannya?  Nah, praktekin di rumah deh, sambil ditemenin kopi sama roti biar nyantai..

Text: arbi (arbi.motorexpertz@gmail.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: arbi
  625 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (46)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !