Trik Simpel Bikin Jupiter Z Harian Makin Joss!
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
UPGRADE PERFORMA
22
Sep
2014

Trik Simpel Bikin Jupiter Z Harian Makin Joss!

  692386   0
Trik Simpel Bikin Jupiter Z Harian Makin, Joss!
Trik Simpel Bikin Jupiter Z Harian Makin, Joss!
Kalo mau maksimal, bisa korbankan kaki empat kopling dengan cara dibubut terlebih dahulu
Kalo mau maksimal, bisa korbankan kaki empat kopling dengan cara dibubut terlebih dahulu

TANGERANG, ME. Enggak perlu keluar biaya gede supaya tunggangan rada enak digeber, simpel aja, bradsis. Khusus untuk pembesut motor bebek, terutama Yamaha Jupiter Z karburator, nih. Brader n sista bisa ikuti cara ini, bahkan dikerjain sendiri juga bisa ini sih. Yuk, marriiii...

Seperti yang udah ME senggol-senggol di atas tadi, tips ini enggak perlu ngeluarin isi kantong berlebihan. Brader n sista cukup ganti kampas kopling Jupiter Z karburator dengan mengganti kampas kopling kepunyaan Suzuki FR80, bradsis.

Gak usah ragu, dari kalangan mekanik juga percaya kampas kopling satu ini mantap buat performa motor untuk dipakai harian dan diklaim kuat tahan lama. Lagipula, di arena balap juga banyak yang mengandalkan part satu ini.

“Tarikan bawah sampai atas, tenaga ngisi terus, dan tentunya motor jadi enak. Kenapa begitu? Sebab, kampas kopling Suzuki FR ini agak lebar dan tebal. Tebalnya ini, lho, bikin pemakaiannya cukup tahan lama,” kata Rudi Arisandi dari MJ Speed, yang pernah melakukan riset di salah satu tunggangan pasiennya.

Untungnya, masih banyak yang nyediain kampas kopling satu ini. Contohnya seperti TDR dan Indopart, bradsis. Sekalipun ada, asli buatan pabrikan, harga satu set-nya bisa ditebus di kisaran Rp 250 ribuan. Sementara para produsen aftermarket bisa di kisaran Rp 75-160 ribuan, bradsis.

Nah, kampas kopling Suzuki FR ini memiliki diameter lubang agak kecil dibanding kampas kopling bawaan Jupiter. Tentunya harus dimodifikasi untuk bisa ngakalinnya, bradsis. Ada dua metode yang dianjurkan Rudi, yaitu dengan cara membubut kaki empat kopling atau dengan cara main serut pada bagian dalam kampas.

Terserah deh, brader n sista pilih yang mana aja. “Saya lebih ngorbanin kaki empatnya dan sedikit bikin lebar celah pada rumah koplingnya dibanding kampasnya. Sayang ngebuang keuntungan dari kampasnya ini sendiri. Tapi, kalo mau hemat, cukup keluarin tenaga buat ngerok bagian dalam kampas agar kampas sesuai dengan kaki empatnya,” ujar pria yang bisa dihubungi di nomor 0896 5799 4662.

Simpel, 'kan?

Text: Dimas (dimasmotorexpertz@gmail.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Dimas
  1534 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !