Gak Mudah Ubah Kebiasaan, Motivasinya Harus Kuat!
GM Juli 2015
Dunia Scooter Magazine
Achilles Tire
MOTOGP
27
Sep
2014

Gak Mudah Ubah Kebiasaan, Motivasinya Harus Kuat!

  8055   0
Gak Mudah Ubah Kebiasaan, Motivasinya Harus Kuat!
Gak Mudah Ubah Kebiasaan, Motivasinya Harus Kuat!

ARAGON, ME. Kemenangan Valentino Rossi pada seri sebelumnya di sirkuit Misano, Italia, gak diraih dengan mudah. Butuh perjuangan keras, termasuk mengubah kebiasaan dari gaya balapnya, bradsis. Kalo melihat lima tahun yang lalu, perubahannya jelas sekali..
 
Rossi sengaja mengubah gaya balapnya dengan YZR-M1 agar bisa menang. Bukan cuma untuk menang semata, tapi ini adalah tuntutan kalo emang pengen "ngejinakin" M1, bradsis. M1 lima tahun yang lalu, sebelum Rossi pindah ke Ducati, jauh berbeda dengan M1 yang sekarang.
 
Kouichi Tsuji, selaku Chief Engineer Yamaha Motor Racing, mengembangkan M1 untuk Rossi. Semua berdasarkan karakter Rossi, sampai akhirnya Rossi mutusin untuk pindah ke Ducati. Pembalap utama tim pabrikan Yamaha berubah menjadi Jorge Lorenzo, pengembangan M1 pun didasari oleh karakter Lorenzo.
 
Maka itu, Rossi mengubah gaya balapnya yang menurutnya ketinggalan jaman menjadi lebih modern. "Tidak mudah baginya mengubah gaya balap pada umur 35. Kita harus menghargai usahanya untuk berubah dan beradaptasi setelah bertahun-tahun," ujar Kouichi.
 
"Sangat susah ketika Anda sudah mengendarai motor dengan gaya tertentu dan harus mengubahnya. Tapi dia mengerti, cuma dengan cara itulah dia bisa mengejar lawan-lawannya. Tidak diragukan lagi, dia adalah membalap dengan baik dibanding sebelumnya," lanjut Kouichi.
 
Kouichi sendiri masih percaya dan yakin Rossi bisa menangin balapan lainnya, bahkan meraih gelar juara dunia, bradsis..

Text: Donny (donny@motorexpertz.com),
Photo: motogp.com
  233 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (18)
B. Yamaha WR 250 R (48)
C. Viar Cross X 250 SE (34)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !