Rawat Rem, Semprot Ini Biar Gak Nyelonong
GM Juli 2015
Dunia Scooter Magazine
Achilles Tire
PERAWATAN
27
Sep
2014

Rawat Rem, Semprot Ini Biar Gak Nyelonong

  10379   0
3M High Power Brake Cleaner
3M High Power Brake Cleaner
semprotkan keseluruh bagian terpencil kaliper dan piringan cakram
semprotkan keseluruh bagian terpencil kaliper dan piringan cakram
Tinggal melepas baut pegangan kaliper dengan kunci L bintang ukuran 6mm. Jadi, lebih sempurna lagi pembersihannya
Tinggal melepas baut pegangan kaliper dengan kunci L bintang ukuran 6mm. Jadi, lebih sempurna lagi pembersihannya

JAKARTA, ME. Jangan pernah remehkan rem pada motor, bradsis! Bisa bahaya pas lagi asik-asik memutar gas dalam-dalam, dan tiba-tiba harus menekan tuas rem, ternyata rem blong atau daya cengkram berkurang, yang ada malah nyelonong. Maka itu, kita harus rajin-rajin merawatnya nih brader n sista. Mau tau cara perawatannya yang paling gampang? Simak yuk…

Untuk merawat sendiri memang butuh waktu dan peralatan yang komplet. Pasalnya, paling tidak brader n sista harus punya kompresor untuk mengusir debu yang bisa membuat kinerja rem tersebut  jadi berkurang. Menyemprotkan debu yang menempel pada bagian rem juga gak baik untuk kesehatan, karena partikel-partikel debu atau kotoran dari disc brake bisa saja mengandung serpihan gram. Wah, bahaya kalau terhisap..

Jika dibiarkan tidak dirawat, selain daya rem berkurang, akan menimbulkan suara berdecit atau gesekan. Tandanya, kondisi rem mulai kotor, bradsis. Nah, untuk membersihkannya, tim ME punya solusinya yang cukup praktis.

“Gak perlu harus sampai membongkar kampas rem atau kaliper, cukup sediakan cairan 3M High Power Brake Cleaner dari 3M Auto Care. Kotoran pada cakram langsung rontok,” ungkap Tedjo Negoro selaku Product Manager 3M AutoCare.

Langsung aja yuk, ikuti langkah-langkah ini. Letakkan motor dengan posisi menggunakan standar dua atau ganda. Jangan lupa diganjal balok bagian tengahnya, agar mempermudah memutar roda depan ketika sedang menyemprotkan 3M High Power Brake Cleaner ke cakram (disc brake).

Kemudian semprot cairan 3M ke seluruh permukaan piringan rem dan lanjutkan ke bagian kaliper. Debu atau kotoran akan rontok bersama cairan.

"Kalau dibuka kalipernya lebih bagus lagi. Tinggal melepas baut pegangan kaliper dengan kunci L bintang ukuran 6mm. Jadi, lebih sempurna lagi pembersihannya," lanjut Tedjo Negoro.

Selesai deh… Gampang 'kan, bradsis? Jangan lupa pasang kembali seperti semula baut-bautnya.

Sebelum menggunakan, baca prosedur keselamatan dalam penggunaannya dan tak perlu takut, karena produk 3M ini aman buat karet ataupun sensor ABS.

Berhubung 3M lagi berpartisipasi di pameran Indonesian International Motor Show (IIMS) 2014, cairan semprot 3M High Power Brake Cleaner ini lagi promo, bradsis. Dari harga normal Rp 39.000 menjadi Rp 30.000, selama pameran berlangsung (sampai 28 september 2014). Kunjungi booth 3M Town di hall SP32-A1 IIMS 2014 JIExpo Kemayoran.

Selain di sana, brader n sista juga bisa mendapatkannya di sentra otomotif terdekat. Rencananya sih, produk 3M ini nantinya bakal masuk ke supermarket-supermarket terdekat juga, bradsis..

Text: Fahrezi,
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Fahrezi
  379 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (18)
B. Yamaha WR 250 R (48)
C. Viar Cross X 250 SE (34)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !