Ngebut 280 km/h, Pedrosa Lakukan Stoppie Sepanjang 100 Meter!
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
MOTOGP
10
Okt
2014

Ngebut 280 km/h, Pedrosa Lakukan Stoppie Sepanjang 100 Meter!

  19583   0
Kereeennnnn... Pedrosa Main Freestyle di FP1
Kereeennnnn... Pedrosa Main Freestyle di FP1

MOTEGI, ME. Jarang banget bisa ngeliat pembalap MotoGP sampai nunjukin aksi skillnya di atas motor. Apalagi, dengan kecepatan di atas rata-rata 200 km/jam. Aksi ini seperti yang dilakukan Dani Pedrosa, tepatnya di Free Practice (FP) 1, Motegi, Jepang (10/10), bradsis.

Tepat di hari pertama seri ke-15, digelar serangkaian latihan bebas pertama dan kedua, bradsis. Terutama di FP1, yang sejatinya didominasi oleh pembalap Yamaha, Jorge Lorenzo, dengan menjadi yang tercepat.

Tapi, yang paling menarik di sesi ini adalah di mana aksi yang dilakukan Pedrosa cukup bikin mencengangkan, bradsis. Gimana enggak, di atas Honda RC213V, Pedrosa yang ngebut pada kecepatan 280 km/jam melakukan pengereman menjadi 90 km/jam. Gak sembarang ngerem, Pedrosa melakukan Stoppie sejauh kira-kira 100 meter sebelum melibas tikungan 11, bradsis.

Motor Honda emang sempurna deh, bradsis. Bisa dilihat dari kamera motornya, Pedrosa bahkan cuma kegoyang sedikit, ketika ban belakangnya kembali menapak di atas aspal. Atas aksinya itu, apa yang diungkapinnya benar kejadian, bahwa trek ini sulit soal pengereman.

“Trek ini agak susah dalam pengereman dan membutuhkan akselerasi. Maka dari itu, setting yang bagus sangat penting untuk stabilitas pengereman dan traksi yang baik di setiap tikungan,” ungkap Pedrosa, yang hanya tercepat keenam di FP1 dengan catatan waktu 1’46.334 detik, atau terpaut 0.496 detik di belakang Lorenzo.

Tengok aja, gimana Pedrosa berupaya banget mengurangi laju motornya agar motor tetap stabil sebelum motor masuk tikungan ke kanan itu. Ngeliat aksinya itu, Pedrosa pun terlihat cuma senyum sumringah sambil mengangkat dua jari, peace..

 

Text: Dimas (dimasmotorexpertz@gmail.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: motogp.com
  462 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (37)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !