Pernah Ngalamin Ban Botak Sebelah? Nih, Penyebabnya!
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
ANEKA TIPS
15
Okt
2014

Pernah Ngalamin Ban Botak Sebelah? Nih, Penyebabnya!

  81312   0
Segitiga gak senter, sangat gak nyaman buat berkendara
Segitiga gak senter, sangat gak nyaman buat berkendara
Ban botak sebelah kanan akibat segitiga gak senter
Ban botak sebelah kanan akibat segitiga gak senter
hati-hati kalo udah kaya gini
hati-hati kalo udah kaya gini

TANGERANG SELATAN, ME. Setelah motor mengalami kecelakaan, biasanya bagian yang satu ini juga terkenda dampaknya, bradsis. Motor yang jatuh biasanya mengakibatkan bagian setang bengkok atau justru bagian segitiga komstirnya. Segitiga yang gak center alias presisi akan memakan korban lain, yaitu ban.

Segitiga yang bengkok atau gak presisi bakal membuat garpu atau sokbreker depan juga menjadi gak lurus, bradsis. Kalo garpu tersebut udah gak lurus, kenyamanan berkendara pun jadi terganggu. Perilaku ban saat berputar juga jadi gak seimbang. Alhasil, bisa sebelah doang yang kemakan.

”Seperti itulah kalo segitiganya udah gak center, ban sebelah kanannya akan kemakan atau botak,” ulas Zaenal Arifin, mekanik JP Racing yang beralamat di Jl. Gelatik no.6 EF, Sawah Lama, Ciputat, Tangerang Selatan.

Bukan cuma kenyamanan berkendara yang terganggu, tapi keamanan atau safety turut berkurang. “Motor akan sering ngebuang ke kanan, dan seringnya mengalami kebocoran,” tambah brader yang akrab disapa Gopin ini.

Untuk solusinya, brader Gopin menganjurkan untuk membawa motor brader n sista ke tukang press segitiga atau menggantinya dengan yang baru. Apalagi motor sering dipakai harian, kenyamanan berkendara harus tetap dikedepankan, bradsis.

Untuk biaya press segitiga, biasanya dikenakan tarif Rp 90 ribuan, masih cukup terjangkaulah. Tapi, kalo brader n sista punya uang yang cukup, mending ganti dengan yang baru. Harga baru dari segitiga komstir beragam, tergantung dari jenis motornya. Kisaran harganya dimulai dari Rp 300 ribuan ke atas, bradsis.

Text: Rendi (rendimotorexpertz@gmail.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Rendi
  1027 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (43)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !