Modifikasi R25 2014: Ogah Otak-atik Mesin, Kaki-kaki yang Nyesuain
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
ME-MODIFIKASI
15
Okt
2014

Modifikasi R25 2014: Ogah Otak-atik Mesin, Kaki-kaki yang Nyesuain

  88648   0
Penampakan edisi kedua dari BM
Penampakan edisi kedua dari BM
Single seater pun udah diganti nih
Single seater pun udah diganti nih
Makin elegan aja penampilan Yamaha R25 milik rudi
Makin elegan aja penampilan Yamaha R25 milik rudi
Sang empu lagi eksis sama motor kesayangannya
Sang empu lagi eksis sama motor kesayangannya
Arm R6, makin klop aja penampilannya
Arm R6, makin klop aja penampilannya
Edisi kedua udah jadi, yang selanjutnya kaya gimana yah?
Edisi kedua udah jadi, yang selanjutnya kaya gimana yah?

JAKARTA, ME. Seperti yang dijanjikan Rudi Gunawan, empunya pemilik rumah modifikasi Berkat Motor (BM). Modifikasi Yamaha YZF-R25 miliknya kali ini udah memasuki edisi kedua, bradsis. Rudi masih terus mengubah tampilannya, kali ini R25-nya terlihat makin sporty, makin bergaya, makin safety. Gak cuma dari segi tampilannya aja, tapi handlingnya pun diakui ada peningkatan..

Beberapa waktu lalu, ME udah menceritakan tentang modifikasi R25 milik Rudi yang akan mencapai empat edisi (klik di sini). Nah, untuk sekarang ini, sang owner mengasih kesempatan untuk menampilkan ubahan keduanya, bradsis.

Berangkat dari bagian atas dulu deh. Tampilan yang makin sporty terlihat dari bagian joknya yang udah ditutup single seater, bradsis. Jadi, kalo diperhatikan dari belakang, R25 sedikit lebih menungging. Persis pedangdut Zaskia Gotic deh, bahenol bener buritannya..

Sekarang turun ke bagian kaki-kaki, bradsis. Ban gambot udah diaplikasi sedari ubahan pertama, sekarang gantian swingarm-nya yang diganti. Biar makin terlihat kekar namun elegan, swingarm copotan Yamaha YZF-R6 pun disematkan Rudi di motor ini.

“Edisi sekarang, ada beberapa part udah diubah, seperti pemakaian swingarm milik R6. Jadi lebih gaya, lebih safety, mantap handlingnya, karena wheelbase yang lebih pendek dipakaikan swingarm tersebut. Swingarm R6, lebih enteng dan pendek dari swingarm lokalan R25,” papar Rudy.

Setelah senjata utamanya dipasang, pengaplikasian monoshock milik Kawasaki Ninja 250 ikut dipatenkan pada ubahannya kali ini, bradsis. “Kalo pakai monoshock moge, tabungnya 'konde' mentok sasis R25. Unitrack direset dan dibikinin holder atas untuk monoshock dan bawah untuk link unitrack-nya, supaya cocok pakai monoshock dari Ninja,” jelas Rudy.

Biar makin terasa handlingnya, bagian ban yang sebelumnya udah terbilang gambot diganti lagi, bradsis. Kali ini, Rudi mengandalkan ban Battlax BT-S20 berukuran 120/60-17 untuk depan dan 190/50-17 untuk belakang. Kedua karet bundar tersebut dikawinkan dengan pelek milik R6 yang berukuran 3,5 inci di bagian depan dan 5,5 inci untuk belakangnya. Pada modif edisi pertamanya, Rudi masih menggunakan ban belakang Pirelli Diablo berukuran 180/55-17. Jadi, ciri khas gambotnya semakin kental aja nih, bradsis..

Pelek milik R6 ini menggondol gir belakang yang besar untuk, akhirnya dudukan gir dibubut oleh Rudi dan diganti menjadi gir orisinil bawaan R25. Rudi ogah otak-atik mesinnya, maka itu dibikin bagian kaki-kaki yang nyesuain. “Kenapa saya bubut, soalnya gir moge ukurannya gede semua, gak cocok dengan rantai orisinil dan setelan mesin R25,” tutur juragan BM itu.

Dengan berubahnya swingarm dan unitrack pakai R6, knalpot racing HRS pun lengser. Pasalnya, kotak katalisnya mentok dengan unitrack, jadi untuk pipa pembuangannya diganti dengan knalpot custom keluaran BM dengan spesifikasi full system model Kawasaki ZX-10R, bradsis.

“Untuk sekarang ini, merupakan tampilan edisi kedua. Jadi, masih ada dua edisi lagi, karena saya menjanjikan akan ada empat tahapan lagi yang akan saya modif. Jadi, tunggu aja penampakan selanjutnya di MotorExpertz.com,” tutup Rudi.

Pesan Insipratif: Motor sport berkapasitas 250cc emang udah pantes banget kalo dimodifikasi dengan kaki-kaki yang kekar copotan moge.

Saran Tim ME: Bagian swingarmnya coba dibikin serasi warnanya dengan bodi.

Penilaian Tim ME: (*8) Keren, aura sportnya makin kuat.

Note: (1 *) : Kacau Banget, (2*): Payah, (3*) : Kurang kreatif, (4*) Terlalu biasa : (5*): Oke, tapi… (6*): Lumayanlah (7*): Bagus, (8*): Keren, (9*): Mantaff, (10*): Dahsyat

Data Modifikasi:

Ban : Battlax BTs 20 120/60-17 & 190/50-17, Pelek : Palang 3 Yamaha YZF-R6 3,5 inci & 5,5 inci, Monoshock : Kawasaki Ninja 250, Rem Cakram : After market, Swingarm dan Unitrack : Yamaha YZF-R6, Single Seater : Orisinil, Knalpot : Custom BM.

Nama Bengkel: Berkat Motor (BM) - Jl. Ciledug Raya, No. 1A, Kreo, Ciledung, Tangerang, Banten. No. telp dan HP: 021-9351-7093 dan 0818-08399777

Text: Rendi (rendimotorexpertz@gmail.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Rendi
  1193 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (43)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !