Lihat Lorenzo Crash, Rossi Takut Coba Ban Baru
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
MOTOGP
17
Okt
2014

Lihat Lorenzo Crash, Rossi Takut Coba Ban Baru

  13598   0
Lihat Lorenzo Crash, Rossi Takut Coba Ban Baru
Lihat Lorenzo Crash, Rossi Takut Coba Ban Baru

PHILLIP ISLAND, ME. Pada seri keenambelas yang digelar di sirkuit Phillip Island, Australia, Bridgestone memperkenalkan ban terbaru mereka, bradsis. Kali ini adalah ban depan asimetris. Tapi nampaknya, ban ini masih belum cocok. Jorge Lorenzo yang crash saat menggunakan ban ini jadi bikin Valentino Rossi takut untuk mencobanya..
 
Lorenzo mengalami crash saat akan masuk tikungan. Belum miringin motornya, Lorenzo langsung jatuh. Padahal, titik pengereman dan tekanan pada tuas remnya sama persis seperti yang dia lakukan di lap-lap sebelumnya, bradsis. Pol Esparagaro juga ngalamin kejadian serupa seperti Lorenzo.
 
Melihat Lorenzo yang crash karena ban depan asimetris ini, Rossi pun mutusin untuk tetap memakai ban extra soft. Sekarang, tugas Rossi dan timnya adalah mengusahakan agara ban tersebut bisa bertahan untuk satu balapan penuh, bradsis.
 
"Kami harus memilih antara ban depan asimetris atau extra soft. Jorge mengalami crash dengan ban asimetris. Dia memang kencang, tapi crash. Jadi, ini berarti akan sedikit sulit. Saya ingin terus menggunakan extra soft dan berharap bisa bertahan untuk balapan," ujar Rossi.
 
"Hari ini, kami sudah melakukan banyak lap tanpa masalah. Cukup baik dan kami berharap bisa seperti ini terus. Tapi jika besok ban extra soft ini membawa masalah, maka kami harus mempertimbangkan untuk memakai ban asimetris," sambungnya.
 
Rossi emang batal menggunakan ban asimetris karena melihat Lorenzo yang crash. Tapi, para pembalap lainnya yang nyobain ini cukup puas, bradsis. Menurut mereka, ban ini ngasih feeling pengereman yang sama seperti ban biasa. "Masalahnya adalah ban ini sedikit berbeda saat pengereman. Bukan karena asimetris, tapi karena karet di satu sisinya lebih keras," jelas Rossi.
 
Pembalap asal Italia yang satu ini sempat gak terkalahkan di sirkuit Phillip Island pada tahun 2001 hingga 2005, bradsis. Tapi sejak tahun 2006 hingga tahun lalu, Rossi gak pernah lagi ada di podium utama. Tahun lalu, Rossi finish di tempat ketiga setelah jalannya balapan diwarnai dengan sistem flag-to-flag.

Text: Donny (donny@motorexpertz.com),
Photo: motogp.com
  443 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !