Marquez: Di Sini Wajib Hukumnya Adaptasi Sama Ban Baru!
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
MOTOGP
18
Okt
2014

Marquez: Di Sini Wajib Hukumnya Adaptasi Sama Ban Baru!

  5158   0
Marquez: Di Sini Kuncinya Kudu Adaptasi Sama Ban Baru!
Marquez: Di Sini Kuncinya Kudu Adaptasi Sama Ban Baru!

PHILIP ISLAND, ME. Dari kedua sesi Free Practice (FP) seri ke-16 MotoGP Australia, hasil terbaik bagi Marc Marquez adalah nempatin posisi kedua di FP2, bradsis. Sementara pada FP1, Marquez sedikit mengalami kesulitan, karena harus beradaptasi dengan ban baru yang dibawa Bridgestone, khusus buat sirkuit Phillip Island ini.

Khusus buat seri kali ini, Bridgestone menganjurkan semua pembalap harus memakai ban belakang yang telah mereka revisi dan ban baru asimetris pada bagian depan. Tantangan terberat bagi pembalap adalah harus beradaptasi dan memahami bagaimana respon kedua ban tersebut, bradsis.

Seperti penuturan pembalap Repsol Honda Team ini, doi kerap kesulitan menikung, khususnya ketika trek masih lembab di waktu pagi. Keuntungan kedua ban tersebut baru berasa lebih baik waktu siang harinya, bradsis. Tapi di beberapa titik lintasan, ban justru keseringan spin.

“Kita konsentrasi pada set-up untuk mencoba menemukan grip dari bagian belakang. Saat pagi saya agak kesulitan, tapi siangnya lumayan baik. Tapi di beberapa titik ban sering spin, dan itu masalah terbesar bagi semua pembalap,” ujar Marquez.

Buat ngedapetin keseimbangan antara grip belakang dan depan memang agak sulit, meskipun masing-masing pembalap dan para teknisinya telah fokus dalam memahami dan bagaimana menentukan setting terbaik buat kesatuan komponen pada pacuan si pembalap, bradsis.

“Bagi saya masih sulit, terutama pada sisi kiri ban. Tapi yang jelas dari sudut pandang saya, saya lebih suka ban tahun lalu. Saya bisa mengerti maksud tujuan Bridgestone membuat ban ini, yang memang dibuat agar lebih aman,” ucap sang juara dunia MotoGP 2014 itu.

“Pokoknya, yang penting sekarang adalah punya grip yang kuat. Kami akan fokus untuk mengatur setting ban agar lebih dapat grip terbaik. Kami sudah beradaptasi dengan setting ban normal yang kami gunakan sepanjang musim dan Bridgestone telah mengubah ban untuk balapan ini, karena alasan lebih aman,” jelas Marquez.

Text: Dimas (dimasmotorexpertz@gmail.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Repsol Honda Team
  229 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (37)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !