Dorna Sport: Indonesia Proyek Besar dan Penting, Tapi..
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
MOTOGP
22
Okt
2014

Dorna Sport: Indonesia Proyek Besar dan Penting, Tapi..

  18659   0
Dorna Sport: Indonesia Proyek Besar dan Penting, Tapi...
Dorna Sport: Indonesia Proyek Besar dan Penting, Tapi...

MALAYSIA, ME. Di artikel sebelumnya, Thailand punya kesempatan menggelar dua kejuaraan balap sepeda motor dunia, World Superbike dan MotoGP. Dorna Sport, selaku penyelenggara, pun ingin Indonesia jadi tuan rumah, khususnya MotoGP, bradsis..

Popularitas kejuaraan balap sepeda motor dunia, khususnya MotoGP, saat ini lagi booming banget di Asia Tenggara. Kalo Thailand udah terbilang cukup siap, Dorna juga pengen Indonesia bisa jadi tuan rumah seri MotoGP, lantaran perkembangan pasar di sini menurut mereka gede banget, bradsis. Selain dilihat dari antusiasme pecinta MotoGP, dari segi bisnis juga Indonesia termasuk negara paling banyak menjual motor.

Enggak cuma itu, Dorna juga ngakuin bahwa Yamaha, Honda dan Suzuki, telah mendesak mereka agar bisa menyelenggarakan ajang balap motor bergengsi ini di sini. Tapi Dorna juga tahu banget, bahwa Sentul International Circuit (SIC) sendiri belum layak buat nyelenggarain kejuaraan ini.

Masih butuh beberapa pembahasan soal fasilitas buat sirkuit Sentul, dari fasilitas paddock, penonton, aspal, hingga keamanannya. “Kami ingin memiliki sebuah proyek di Indonesia dan kami telah membahas beberapa proyek yang berbeda. Indonesia adalah pasar yang besar dan itu penting bagi kita,” ujar Javier Alonso di MCN.

“Yamaha, Honda, dan Suzuki, mendesak kami agar ada balapan di sana. Peribahasanya, buah yang matang suatu hari nanti akan jatuh dari pohonnya. Intinya, kita masih butuh waktu untuk di sana (Indonesia). Satu-satunya sirkuit yang mereka miliki hanya Sentul, dan tempatnya masih belum layak,” jelasnya.

Tapi Alonso juga ngungkapin bahwa Indonesia merupakan negara vital bagi MotoGP. Dia juga nambahin, rencana penyelenggaraan MotoGP di sini akan terus dibahas, dengan sirkuit Sentul yang memang butuh perubahan besar sebagaimana sesuai dengan standar homologasi FIM (Federation Internationale de Motorcyclismo).

Saat ini di Asia Tenggara, cuma sirkuit Sepang, Malaysia, satu-satunya sirkuit yang mempunyai fasilitas untuk menggelar MotoGP ataupun World Superbike. Enggak mau cuma Sepang, Dorna bahkan ingin ada penggelar di luar Malaysia untuk Asia Tenggara, dan Thailand punya peluang tahun 2016, bradsis.

Text: Dimas (dimasmotorexpertz@gmail.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Dok. ME
  612 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !