Sudah Tertera di UUD, Tapi Pengen Efisien, Kabel Spul Jadi Korban
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
KNOWLEDGE
06
Nov
2014

Sudah Tertera di UUD, Tapi Pengen Efisien, Kabel Spul Jadi Korban

  29152   0
Kabel spul kebakar, awas salah kabel. Musti hati-hati dalam pemakaian sakelar lampu
Kabel spul kebakar, awas salah kabel. Musti hati-hati dalam pemakaian sakelar lampu
Sakelar lampu Honda Tiger, jadi pilihan. Tapi?
Sakelar lampu Honda Tiger, jadi pilihan. Tapi?

JAKARTA, ME. Kewajiban pengendara motor di siang hari adalah wajib menyalakan lampu. Sebagaimana sudah diatur dalam Pasal 107 ayat (2) UU no 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Para pabrikan motor pun mematuhinya dengan mengeluarkan fitur lampu menyala otomatis saat mesin dihidupkan. Tinggal tekan sakelar starter, langsung nyala deh lampu depannya, bradsis.
 
Untuk motor sekarang, kebanyakan di sebelah kanan hanya ada sakelar starter, seperti Honda CB150R StreetFire yang sudah mengaplikasikan Automatic Headlight On (AHO). Tapi, sering kali fitur ini dikeluhkan karena membuat lampu depan menyala terus. 
 
Sangat dilema mewajibkan lampu menyala terus setiap hari. Makanya, beberapa brader n sista pengguna Honda CB150R memasang peranti tambahan, yaitu menambahkan sakelar lampu supaya bisa berfungsi on dan off.
 
Tapi, brader n sista tau gak akibat yang terjadi dari pemasangan sakelar lampu tersebut? Kabel spul magnet bisa terbakar. Setelah itu, akan merembet ke Engine Control Module, dan akan menyebabkan korslet pada kelistrikan lainnya.
 
"Motor sekarang udah menggunakan AHO. Kalo gak begitu, nanti bisa diomelin pak polisi, kena tilang deh. Tapi, sering kali dikeluhkan gak nyaman kalo masuk gang. Selain itu, juga bisa menghemat bohlam, karena harga bohlam cukup mahal juga Rp 450 ribu untuk CB150R, itu hanya bohlamnya aja," ungkap seorang Servis Advisor dari bengkel AHASS.
 
Lanjut pria berkulit sawo mateng ini, "Nah, untuk mengantisipasi, biasanya pengguna CB150R memasangkan saklar lampu. Tapi, dari pengaplikasian sakelar tersebut, masalah yang bisa terjadi adalah spulnya terbakar, karena pengapian jadi tersendat di sakelar, kesalahan pasang kabel, dan dipasang kontak. Jadi, setrum larinya ke spul. Seperti CB150R 2013 yang masuk ke bengkel kita yang udah memasangkan sakelar milik Honda Tiger."
 
Nah, akibat terbakarnya kabel spul dan berujung pada korsleting, akhirnya doi mengganti soket atas dan bawah yang baru, bradsis. Agar tak terjadi hal yang serupa, saat pemasangan kabel hendaklah ditangani mekanik yang ahli, bradsis.
 
"Biar gak korsleting lagi, dianjurkan untuk bawa ke bengkel aja. Atau bisa mengambil cara dengan diputus kabel massa, diambil yang enggak ada arus listriknya. Dari cara seperti itu, bisa menghemat aliran listrik dan enggak korslet lagi," tutupnya.

Text: Rendi (rendimotorexpertz@gmail.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Istimewa
  535 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (19)
B. Yamaha WR 250 R (49)
C. Viar Cross X 250 SE (34)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !