Lima Tahun di Superbike, Gak Mudah Untuk Laverty
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
MOTOGP
13
Nov
2014

Lima Tahun di Superbike, Gak Mudah Untuk Laverty

  11098   0
Lima Tahun di Superbike, Gak Mudah Untuk Laverty
Lima Tahun di Superbike, Gak Mudah Untuk Laverty

VALENCIA, ME. Eugene Laverty cukup kesusahan di saat-saat pertamanya mengendarari motor MotoGP. Mulai saat ini, doi resmi menjadi pembalap kategori Open untuk tim Aspar bersama Nicky Hayden. Lima tahun di Superbike, Laverty sekarang harus beradaptasi di MotoGP..
 
Untuk awalnya, pada sesi tes pra-musim yang digelar di sirkuit Valencia, Spanyol, adik dari Michael Laverty ini dikasih RCV1000R, bradsis. Baru tahun depan nanti, Laverty dan pembalap kategori Open lainnya yang menggunakan motor Honda akan mengandalkan RC213V-RS.
 
"Kami melakukan 45 lap dan kebanyakan hanya untuk beradaptasi dengan motor. Pada 25 lap pertama, kami melakukan banyak perubahan untuk membuat motor lebih nyaman, mulai dari mengganti footstep, hingga tuas. Kami punya tangki bensin yang lebih besar di tengah, dan itu terlalu berlebih untuk motor yang lebih kecil. Saya baru mulai menikmatinya pada 20 lap terakhir," terang Laverty.
 
Banyak yang harus dipelajari di MotoGP oleh Laverty, mulai dari rem karbon, ban Bridgestone, dan software elektroniknya sendiri. Tapi masalah terbesar untuk Laverty adalah mempelajari ban depan Bridgestone dan kompon yang lebih empuk dirasanya tidak stabil saat mengerem.
 
"Rem karbon menghentikan laju motor lebih baik, tidak begitu sulit. Perbedaan terbesar hanyalah pada bannya. Sangat jauh berbeda dengan yang saya gunakan selama ini. Saya suka mengerem lebih dalam saat masuk tikungan, dan untuk pengereman saya sudah cocok dengan motor ini," papar Laverty.
 
"Bagian belakang sangat jauh berbeda dan ban lebih mudah mengalami spin. Di Superbike, ketika ban belakang spin, maka motor tidak akan melaju. Tapi di MotoGP, Anda bisa memanfaatkannya juga untuk memutar motor," lanjutnya.
 
Dalam masa adaptasinya ini, Eugene Laverty mendapat nasihat dari kakaknya, Michael Laverty, baik itu terkait dengan motor, ban, maupun sirkuit..

Text: Donny (donny@motorexpertz.com),
Photo: motogp.com
  424 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !