Espargaro: Sebagian Oke, Sebagian Harus Diubah
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
MOTOGP
13
Nov
2014

Espargaro: Sebagian Oke, Sebagian Harus Diubah

  12669   0
Espargaro: Sebagian Oke, Sebagian Harus Diubah
Espargaro: Sebagian Oke, Sebagian Harus Diubah

VALENCIA, ME. Aleix Espargaro langsung terkesan dengan tunggangan barunya, yaitu Suzuki GSX-RR. Meskipun cukup terkesan, tapi Espargaro dan timnya masih harus bekerja keras, bradsis. Sebagian oke, sebagian lagi harus ada yang diubah..
 
Espargaro yang mulai musim depan ini resmi menjadi pembalap pabrikan Suzuki berhasil keluar sebagai yang tercepat di urutan keempatbelas pada kesempatan pertamanya mengendarai GSX-RR.
 
Kalo Maverick Vinales lebih kagum pada pengereman dan tenaga dari motornya, Espargaro malah memuja sasis dari GSX-RR. Menurutnya, handling yang ditawarkan motornya ini sangat luar biasa, bradsis. Mampu memudahkannya untuk bermanuver.
 
"Rangkanya sangat fantastis dan elektroniknya juga lebih baik. Bagian depan mampu dibelokkan dengan mudah dan motor ini juga jauh lebih kecil dibanding motor Forward Yamaha tahun lalu. Selain itu, lebih ringan juga, sepertinya lebih ringan sekitar 10 kg. Jadi, lebih mudah untuk bermanuver," ungkap Espargaro.
 
"Riding style juga menjadi berbeda, dengan motor ini saya mampu merebah lebih banyak. Kami mampu lebih cepat di tikungan, seperti yang saya bilang, rangkanya sangat fantastis," sambungnya.
 
Meskipun riding style lebih enak, tapi riding position belum pas nih, bradsis. Espargaro dan timnya harus mengubah posisi footstep. Pasalnya, kaki Espargaro menyentuh knalpot. Sedangkan urusan tenaganya, Espargaro meyakini GSX-RR harus ditingkatin lagi di bagian akselerasi saat keluar tikungan.
 
"Saya selalu wheelie saat keluar tikungan, jadi kehilangan sedikit akselerasi. Begitu pula dengan engine braking juga kurang bagus. Tapi saya cukup senang karena tenaga motor ini membuat kami cukup kompetitif di hari pertama. Saya yakin saat seri pertama nanti kami akan meningkat lebih lagi," ujar Espargaro.
 
Catatan waktu Espargaro dengan Randy de Puniet yang menjadi test rider juga beda tipis. Komentar keduanya juga gak jauh berbeda, masih seputaran kontrol traksi dan distribusi tenaga. Berhubung postur badan Espargaro juga lebih tinggi, desain bagian depan untuk aerodinamis juga perlu diubah lagi, bradsis.

Text: Donny (donny@motorexpertz.com),
Photo: motogp.com
  499 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !