Lampu Kedap-Kedip Kayak Disko, Tanganin Dulu Sementara
GM Juli 2015
Pameran Otomotif Surabaya 2016
Achilles Tire
ANEKA TIPS
14
Nov
2014

Lampu Kedap-Kedip Kayak Disko, Tanganin Dulu Sementara

  109010   0
Bohlam LED Variasi kebakar, jadinya penerangan kedap-kedip
Bohlam LED Variasi kebakar, jadinya penerangan kedap-kedip
Nah, pakai bohlam keluaran Suzuki
Nah, pakai bohlam keluaran Suzuki
Bohlam seri 14052294AN milik Suzuki sangat pas diaplikasikan ke Honda Vario Techno 110
Bohlam seri 14052294AN milik Suzuki sangat pas diaplikasikan ke Honda Vario Techno 110
Gunting lakban, untuk mengeratkan fitting
Gunting lakban, untuk mengeratkan fitting
Fitting ketika dilakban, bisa menjadi penanganan sementara ketika udah gak klop menjadi klop, bradsis
Fitting ketika dilakban, bisa menjadi penanganan sementara ketika udah gak klop menjadi klop, bradsis

TANGERANG, ME. Fungsi lampu yang  gak optimal, seperti mengalami kendala kedap-kedip layaknya lampu disko, bisa mempengaruhi keadaan di jalan dan mengganggu pandangan orang lain di depan, bradsis. Bahkan, bisa menyebabkan kecelakan juga. Iih, amit-amit deh.. Mending kenali penyebabnya dan tangani dulu untuk sementara, bradsis..

Ketika lampu mulai kedap-kedip, harus disadari pasti ada beberapa faktor yang mempengaruhinya, bradsis. Pertama di pengapian, kabel yang korslet, kiprok rusak, fitting, dan terakhir bohlam. Seperti yang brader kita, Raditya Alamsyah, alami dengan motor Honda Vario Techno 110 lansiran 2011 miliknya.

“Gue sendiri kaget, kok lampu motor gue tiba-tiba kedap-kedip seperti lampu disko. Kadang terang dan kadang juga redup. Parahnya lagi, motor di depan arah gue pasti membalas lampu tembak ke gue. Padahal penerangan lampu gue sendiri yang kaya gitu, suka genit sendiri,” ulas Raditya.

“Gue mulai resah euy, gak nyaman mempunyai penerangan seperti itu. Gue pribadi terganggu banget gara-gara lampu skutik gue kedap-kedip. Akhirnya gue bongkar aja deh sendiri, karena dilakukan di rumah pun bisa, hanya butuh obeng (+), dan kunci pas 10 aja,” sambungnya.

Pembongkaran pun dilakukan dengan membuka baut bodi depannya terlebih dahulu, bradsis. Setelah itu terlihat deh penyebabnya, pertama bohlam udah terbakar, dan kedua fitting udah gak ngeklop ke bohlamnya. “Ternyata ini penyebab lampu skutik gue kedap-kedip, kaki lampunya udah terbakar, dan fitting bohlam gak klop,” paparnya.

Untuk menanganinya, doi langsung aja membeli bohlam baru kepunyaan dari Suzuki dengan seri 14052294AN yang dibanderol Rp 30 ribu, karena sebelumnya doi pakai bohlam LED variasi, bradsis. Tapi setelah dipasangkan, fitting lampu tetap gak ngeklop dengan lampu, akhirnya diakalinlah dengan memakai lakban.

“Fitting gue lakban, karena untuk penanganan sementara aja. Jadi, selagi memang bisa diakalin, kenapa gak gue coba. Tapi saran gue lebih baik beli rumah lampu yang baru, kalo untuk harga biasanya dijual di kisaran Rp 20 ribu sampai Rp 35 ribu, dan untuk fittingnya berkisar Rp 15 ribu sampai Rp 30 ribu,” jelas Raditya.

Wih, cukup kreatif juga yah yang dilakukan brad Radit untuk penanganan sementara lampu kedap-kedip kayak lagi disko..

Text: Rendi (rendimotorexpertz@gmail.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Rendi
  582 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (18)
B. Yamaha WR 250 R (48)
C. Viar Cross X 250 SE (34)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !