Waspada Gear Ompong di CB150R StreetFire
GM Juli 2015
Pameran Otomotif Surabaya 2016
Achilles Tire
KNOWLEDGE
14
Nov
2014

Waspada Gear Ompong di CB150R StreetFire

  32056   0
Gear Driven Starter ini yang suka gompal
Gear Driven Starter ini yang suka gompal
Kalo udah gompal / ompong, suka bunyi gitu..
Kalo udah gompal / ompong, suka bunyi gitu..

JAKARTA, ME. Sangat disayangkan bilamana terjadi hal yang membuat motor Honda CB150R StreetFire terdengar suara bunyi 'kreeekk' ketika dinyalakan dengan electric starter. Kendala seperti itu tampaknya kerap terjadi pada StreetFire, bradsis.
 
Terdengar suara bunyi kasar pada CB150R ini rupanya disebabkan oleh starter driven gear yang ompong alias gompal, bradsis. Penyebab terjadinya pun masih belum dipastikan, apakah dari bahannya ataupun faktor lainnya.
 
"Starter driven gear CB150R memang sering gompal. Sering kali pemiliknya harus mondar-mandir ke bengkel AHASS. Sang pemilik mengeluhkan kalo distarter suka kasar bunyinya," ujar seorang Service Advisor AHASS ke tim ME.
 
Nah, starter driven gear ini cara kerjanya digerakkan oleh starter reduction gear yang diputar dinamo, dan tepat berada di belakang magnet, bradsis. Kalo udah mengalami kerusakan seperti itu, bisa-bisa part lain malah ikut rusak juga akibat pretelan gear yang masuk ke ruang mesin.
 
Part lain yang terancam antara lain bisa dinamo starter rusak, klep bengkok karena patahannya akan terjepit gigi sentrik ataupun gigi camshaft. Jadinya, gak bakalan optimal juga ke kinerja motor, bradsis.
 
"Untuk mencegahnya, yaa harus ganti yang baru lagi. Tapi, konsumen harus bersabar, dikarenakan untuk pemesanan part gear starter ini cukup lama juga, antara satu bulanan kurang lebih. Ya, paling cepat 2 mingguan," terang brader yang enggan disebut namanya.
 
Untuk brader n sista yang belum pernah ngalamin kejadian seperti ini, haral berhati-hati. Kenali dulu cirinya yang terjadi, seperti yang ME jelaskan di atas, ketika dihidupkan dengan electric starter akan terdengar bunyi kreekk.
 
Harga dari Gear Driven Starter Rp. 100 ribuan, tapi sewaktu-waktu bisa berubah, bradsis.