Sepenting Apa Kehadiran Safety Car di MotoGP?
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
ME-SERIAL
19
Nov
2014

Sepenting Apa Kehadiran Safety Car di MotoGP?

  32653   0
Sepenting Apa Kehadiran Safety Car di MotoGP?
Sepenting Apa Kehadiran Safety Car di MotoGP?
Sepenting Apa Kehadiran Safety Car di MotoGP?
Sepenting Apa Kehadiran Safety Car di MotoGP?

JAKARTA, ME. Setiap sebelum balapan MotoGP dimulai, brader n sista pasti sering melihat keberadaan mobil yang bertuliskan Safety Car. Mobil ini yang memulai lap pertama sebelum para pembalap melakukan warm-up lap. Tapi, seberapa penting sih kehadiran mobil ini di sirkuit?
 
Namanya juga Safety Car, tujuan utamanya pasti menjaga keamanan. Motor MotoGP saat ini bisa mencapai top speed lebih dari 340 km/jam, bradsis. Hal ini jelas membuat keamanan dari para pembalap selalu diutamakan. Pasalnya, kecelakaan sekecil apapun di arena balap, harus ditangani secara serius.
 
Pada tahun 2002, FIM (Fédération Internationale de Motocyclisme) menjadi sangat fokus dalam mendesain dan merancang segala sesuatu agar balapan di MotoGP menjadi lebih menarik dan lebih kencang pastinya. Dengan tujuan meningkatkan keamanan, regulasi diubah terkait dengan bobot motor, pembatasan bahan bakar, dan kapasitas mesin.
 
Nah, tepat sebelum balapan dimulai, pihak panitia MotoGP, yang lebih dikenal sebagai MotoGP Safety Committe, mengelilingi sirkuit dengan menggunakan mobil yang disponsori oleh BMW. Bukan sekedar menandakan balapan akan segera dimulai, bradsis. Safety Car ini juga menginspeksi kondisi sirkuit, apakah ada sesuatu yang bakal mengganggu jalannya balapan, haruskah diundur atau dihentikan.
 
Pengecekan oleh Safety Car ini meliputi apakah ada oli yang tercecer di sirkuit ataupun benda lainnnya yang mampu membahayakan pembalap, sekecil apapun benda tersebut. Safety Car ini juga terkoordinasi dengan Race Direction untuk bisa langsung memberikan laporan.
 
Setelah inspeksi oleh Safety Car selesai, mobil ini gak langsung balik ke pit lane, bradsis. Mereka bakal menunggu di belakang barisan terakhir para pembalap dan mengikuti jalannya balapan pada lap pertama. Pasalnya, lap pertama ini yang biasanya banyak terjadi insiden, apalagi tikungan pertama, dimana jarak para pembalap masih ketat.
 
Begitu ada insiden, maka Safety Car bisa langsung duluan datang ke lokasi dan memberitahukan marshall atau petugas lain di pinggir sirkuit untuk menangani pembalap dan membersihkan sirkuit.
 
Begitu lap pertama selesai, Safety Car bakal balik lagi ke pit lane. Mereka hanya muncul kalo ada insiden ataupun hujan turun. Tentunya untuk mengecek apakah balapan harus ditunda atau dilanjutkan, bradsis. Para pembalap pun juga diminta untuk waspada di saat mereka melihat Safety Car di sirkuit selain pada lap pertama, mereka harus menurunkan kecepatan dan tidak boleh mendahului Safety Car.

Text: Donny (donny@motorexpertz.com),
Photo: bmw-m-safetycar.com
  750 Votes

Artikel Terkait

  57147   0
11
Feb
2015
Pulang Malem Sendiri? Kenapa Enggak?
  58623   0
09
Feb
2015
Awas, Begal Merajalela!
  107784   1
19
Des
2014
Evolusi Riding Style di MotoGP - Part 2
CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (37)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !