BMW M, Teman Setia Safety Commission
GM Juli 2015
Pameran Otomotif Surabaya 2016
Achilles Tire
ME-SERIAL
21
Nov
2014

BMW M, Teman Setia Safety Commission

  5642   0
BMW M, Teman Setia Safety Commission
BMW M, Teman Setia Safety Commission
BMW M, Teman Setia Safety Commission
BMW M, Teman Setia Safety Commission
BMW M, Teman Setia Safety Commission
BMW M, Teman Setia Safety Commission

JAKARTA, ME. Tahun 2003, FIM (Fédération Internationale de Motocyclisme) membentuk Grand Prix Safety Commission setelah tragedi kecelakaan tragis yang menimpa Daijiro Kato di Suzuka. Tujuannya udah jelas untuk meningkatkan keamanan selama penyelenggaraan MotoGP berlangsung. Orang-orang di dalamnya pun dipilih yang berkompetensi, bradsis..
 
Awalnya, kepanitiaannya diisi oleh Sete Gibernau dan Nobuatsu Aoki, sementara yang masih berlanjut ada Franco Uncini (FIM Safety Officer), Mike Webb (Race Director), Javier Alonso dan Carmelo Ezpelata (Dorna). Safety Commission tentunya bekerja sama dengan BMW sebagai kendaraan operasional mereka, dengan mengandalkan BMW M.
 
Loris Capirossi yang menjabat sebagai MotoGP Safety Adviser emang bukan termasuk anggota panitia, bradsis. Tapi peran doi cukup penting juga dalam menjaga keselamatan para pembalap. Pengalamannya di sirkuit yang menjadi bahan masukan untuk para pengurus Grand Prix Safety Commission mengambil keputusan lebih lanjut. Capirossi juga memberi masukan tentang regulasi, keamanan di sirkuit, dan homologasi dari sebuah sirkuit. Capirossi yang baru pensiun beberapa tahun dari MotoGP ini juga merupakan anggota dari Race Direction, bradsis. 
 
Di tiap serinya, Safety Commission bakal rapat untuk melihat kemungkinan adanya peningkatan keamanan di sirkuit terkait, bradsis. Macam-macam aspek yang dilihat, mulai dari layout treknya, permukaan aspal, pelebaran daerah gravel, dinding pembatas sirkuit, peningkatan fasilitas medis, dan lain-lainnya.
 
Sehari sebelum latihan bebas digelar di tiap serinya, pihak Safety Commission bakal ngelilingin sirkuit untuk menginspeksi sirkuit dengan berjalan kaki. Gak cukup sampai di situ, keesokan paginya masih dicek lagi dengan menggunakan BMW M Safety Car, bradsis.
 
Petugas keamanan, termasuk marshall, yang ada di sepanjang pinggir sirkuit bakal ngikutin jalannya sesi latihan bebas, kualifikasi, hingga balapan. Bukan cuma untuk mengecek keamanan pembalap, tapi mereka berhak juga melaporkan pada Race Direction jika ada pelanggaran yang dilakukan pembalap.
 
Dalam menjalankan tugas sebagai Safety Commission, BMW M selalu setia menemani, bradsis..

Text: Donny (donny@motorexpertz.com),
Photo: bmw-m-safetycar.com
  415 Votes

Artikel Terkait

  46813   0
11
Feb
2015
Pulang Malem Sendiri? Kenapa Enggak?
  49300   0
09
Feb
2015
Awas, Begal Merajalela!
  86109   0
19
Des
2014
Evolusi Riding Style di MotoGP - Part 2
  16938   0
18
Des
2014
Giacomo Agostini saat melewati tikungan, badan tetap lurus, lutut nempel tangki
  13834   0
22
Nov
2014
Ini Dia Line-up Safety Car MotoGP!
CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (18)
B. Yamaha WR 250 R (48)
C. Viar Cross X 250 SE (34)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !