Impresi ME, KTM RC200: Siap Balap, Lincah Diajak Manuver!
GM Juli 2015
Pameran Otomotif Surabaya 2016
Achilles Tire
FIRST RIDE
24
Nov
2014

Impresi ME, KTM RC200: Siap Balap, Lincah Diajak Manuver!

  18485   0
Impresi ME, KTM RC200: small engine, big power..
Impresi ME, KTM RC200: small engine, big power..
Impresi ME, KTM RC200: Handling mantap, Power top
Impresi ME, KTM RC200: Handling mantap, Power top
Impresi ME, KTM RC200: Sayang belum ABS, jadi sliding ketika menginjak rem refleks
Impresi ME, KTM RC200: Sayang belum ABS, jadi sliding ketika menginjak rem refleks
Impresi ME, KTM RC200
Impresi ME, KTM RC200

JAKARTA, ME. Beberapa hari yang lalu, PT Moto KTM Indonesia (MKI) telah meluncurkan produk terbarunya, yaitu KTM RC390 dan RC200, sekaligus mengadakan test ride RC390 di sirkuit Sentul yang telah dibahas oleh ME beberapa hari yang lalu.

Nah, sekarang tim ME kembali dapat kesempatan untuk mencoba RC200 ini, bradsis. Tapi bukan di sirkuit, melainkan di jalan umum yang sepi lalu lintas. Test rider ME kali ini pun berbeda dengan test rider RC390 kemarin. Kali ini, punya postur badan yang agak besar, yaitu 172/85.

Pertama kali dudukin jok RC200 ini, test rider ME merasa sedikit menjijit. Mungkin karena saat posisi kita memegang setang agar tidak terlalu membungkuk. Dengan bobot  motor yang hanya 137,5 kg, motor ini bisa dibilang lebih enteng dari motor sport berfairing 200 cc lainnya. Benar saja, ketika test rider ME mencobanya, terasa lebih pede menaikinya.

Berhubung udah gak sabar pengen ngetes ini motor, langsung aja deh putar kunci kontak. Pas lihat panel indikator, langsung disambut kata pembuka dari si RC200 yaitu "Ready To Race". Widiiih... Makin getol nih pengen ngebejek gas. Tapi sayang, namanya di jalanan umum jadi gak bisa memelintir gas dalam-dalam.

Ketika ME membuka gas awal secara spontan, langsung berasa seperti dijambak dari belakang, bradsis. Pasalnya, torsi pada motor cukup besar, yaitu 19,2 Nm dengan tenaga maksimum mencapai 24,65 dk. Dapur pacunya sendiri berkapasitas 199,5 cc dengan silinder tunggal.

Begitu test rider ME melewati tikungan, dicoba langsung dengan sedikit merebah. Benar saja, seperti ME bilang sebelumnya, bobot motor yang ringan memudahkan untuk bermanuver. Lebih pede lagi jadinya untuk melakukan cornering, bradsis.

Selain bobot ringan, yang berpengaruh pada lincahnya saat bermanuver adalah karena wheelbase motor ini pendek, bradis. Jarak sumbu roda hanya 1,340 mm dan mempunyai ground clearance yang cukup tinggi sekitar 178.5 mm dari permukaan.

Secara teori, makin pendek jarak sumbu roda (wheelbase), makin lincah motor itu untuk bermanuver. Otomatis pada saat kita terjebak kemacetan, jadi lebih enak buat salip menyalip, karena radius putarnya pun lebih sempit. Dudukan footstep pada RC200 juga posisinya sudah mundur, mirip footstep underbone. Jadi, gak perlu repot ganti footstep after market lagi deh.

Apalagi, RC200 didukung suspensi depan upside-down keluaran WP berdiameter 43 mm, sepertinya sangat cukup untuk meredam kontur jalan yang bumpy. Ban bawaannya juga lebih lebar dari kompetitor sekelasnya, yaitu depan berukuran 110/70-17 dan belakang berukuran 150/60-17. Lebih mantap lagi handlingnya deh.

Tapi sayang, keamanan pada pengereman motor ini belum dilengkapi fitur ABS. Alasannya sih, jarang peminat untuk yang versi ABS. Begitu pun jika dipakai untuk turun di sirkuit juga tidak berguna fitur ABS tersebut. Maka itu, gak diproduksi yang versi ABS. Hanya kakaknya aja pakai ABS, yaitu RC390.

RC200 ini dibanderol Rp 59,5 juta (OTR Jakarta), bradsis. Dengan harga segitu, sepertinya cocok untuk motor asal Austria ini bersaing di pasar nasional. Udah gitu, fitur dan desain dari motor ini juga menjanjikan keunggulannya pula. Berminat?

Kabarnya nih yaa bradsis, kalo RC200 ini penjualannya melonjak, PT MKI bakal menggelar One Make Race (OMR) RC200 di Tanah Air. Hmm, seru tuh pasti..

Text: Fahrezi (rezimotorexpertz@gmail.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Dimas
  621 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (18)
B. Yamaha WR 250 R (48)
C. Viar Cross X 250 SE (34)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !