Jangan Sepelein Masalah Kurang Oli, Akselerasi Jadi Korbannya!
GM Juli 2015
Dunia Scooter Magazine
Achilles Tire
KNOWLEDGE
28
Nov
2014

Jangan Sepelein Masalah Kurang Oli, Akselerasi Jadi Korbannya!

  87479   0
Cover Shim Satria FU, awas akselerasi bisa berkurang
Cover Shim Satria FU, awas akselerasi bisa berkurang
Kalo Cover Shim udah cekung gini, bisa-bisa ada yang kendor loh, bradsis
Kalo Cover Shim udah cekung gini, bisa-bisa ada yang kendor loh, bradsis

TANGERANG, ME. Motor yang udah lama umur pakainya dan gak dirawat secara rutin, seperti servis atau ganti oli, pasti bakal muncul kendala. Yups, contohnya motor Suzuki Satria FU nih, bradsis. Kapasitas oli yang kurang menjadikan turunnya akselerasi motor ini sebagai ganjarannya.

Hal seperti itu, diakibatkan dari cover shim atau tappet menjadi cekung. Akibat dari masalah ini, jangan salahkan settingan dari pabriknya. Bukan hanya karena gak rutin servis atau ganti oli aja penyebabnya, tapi bisa juga karena kurang lamanya mesin ketika dipanaskan. Jadinya, oli gak masuk ke ruang bahan bakar klep (in) dan klep (x), sehingga dalam kinerjanya ada keterlambatan, bradsis.

“Kalo cover shim aus, kinerja klep (in) dan (x) terus membuka dan menutup ruang bahan bakar mesin dari pembakaran ketika noken as terus berputar. Sehingga kalo udah kaya gitu, ketika oli kurang, serta motor kurang dipanaskan, atau filter oli jarang diganti, maka cover shim akan cepat aus, karena oli gak sampai,” urai Muhammad Soleh, empunya Family Motor (FM).

Gejalanya bisa terlihat dari suara mesin akan berisik dengan keadaan oli naik, tapi masih aja terdengar kasar, bradsis. ”Dari kejadian seperti ini, mesin akan kasar didengarnya, selain itu motor akan ngempos ditariknya dan akselerasi jadi berkurang,” jelasnya Opank, pria ramah yang bengkelnya bermarkas di Jl.Raya Curug, Curug, Tangerang, Banten.

Seperti Satria FU yang mampir ke bengkel FM. Ketika diukur, cover shimnya udah aus sebesar 0,01 mm, dari ukuran standarnya 22mm menjadi 21,9mm. ”Walaupun udah gak normal ukurannya, kalo udah berkurang pasti akan menyebabkan akselerasi berkurang tanpa kita sadari. Apalagi kalo kurangnya udah lebih dari 22mm, wah...yang ada nanti makin ngambek tuh motor, nanti malah menjalar ke part lainnya. Bisa jadi merambah ke boshing klep atau bisa jadi ke klepnya,” candanya.

Nah, untuk mengakalinya gimana? Caranya hanya ganti aja pake orisinil kepunyaan Satria FU. Pasalnya, lebih murah dan efisienlah di kantong, soalnya cuma dibanderol Rp 60 -  70 ribu. Sementara untuk clearence, bisa disesuaikan sama settingan dari mekanik yang membedahnya, bradsis.

Text: Rendi (rendimotorexpertz@gmail.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Rendi
  640 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (18)
B. Yamaha WR 250 R (49)
C. Viar Cross X 250 SE (34)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !