Evolusi Riding Style di MotoGP - Part 2
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
ME-SERIAL
19
Des
2014

Evolusi Riding Style di MotoGP - Part 2

  108035   1
Evolusi Riding Style di MotoGP - Part 2
Evolusi Riding Style di MotoGP - Part 2
Evolusi Riding Style di MotoGP - Part 2
Evolusi Riding Style di MotoGP - Part 2
Evolusi Riding Style di MotoGP - Part 2
Evolusi Riding Style di MotoGP - Part 2

JAKARTA, ME. Berbeda dari Giacomo Agostini, Kenny Roberts, dan para pembalap terdahulu, Mick Doohan punya riding style yang berbeda di awal-awal karirnya membalap, bradsis. Bahkan, gak ada yang ngikutin gaya balapnya ini, dimana badan bagian bawah mengikuti kemiringan motor, sementara pinggang ke atas hampir tegak lurus.
 
Doohan emang kalah dibanding Valentino Rossi yang terbukti menangin lebih banyak balapan dan juga gelar juara dunia. Tapi jangan salah, bradsis. Di era keemasannya Doohan, doi selalu berhasil membuka gap yang jauh dengan para rivalnya di awal-awal balapan. Sisa-sisa lap berikutnya, doi tinggal jalanin balapan dengan santai. Bahkan, Doohan sendiri pun ngakuin kadang balapan terlalu ngebosenin.
 
Sama seperti para pendahulunya, riding style Doohan juga sebagian besar didapat dari dirt bike, bradsis. Tapi Doohan gak sendirian juga, pembalap Jepang, Norick Abe, juga punya riding style tersendiri yang bahkan kadang terbilang cukup ekstrim. Berkembangnya teknologi dan motor, riding style Doohan pun berubah menjadi konvensional, layaknya Rossi di awal-awal karirnya.
 
Rossi sendiri punya riding style yang mirip dengan Wayne Rainey dan Eddie Lawson di awal-awal karirnya, meskipun terkadang terlihat lebih agresif. Menarik juga kalo ngeliat perkembangan riding style dari Rossi ini, bradsis. Mulai tahun 2008, Rossi mengubah riding style-nya, kepala lebih menurun dan maju ke depan, sementara bagian badannya gak terlalu keluar dari motor.
 
Masuk tahun 2013, datang Marc Marquez yang fenomenal dan bikin para pecinta MotoGP terkesima dengan riding style-nya. Marquez paling berbeda dibanding rival-rivalnya, dimana lutut dan sikutnya ikut menyentuh aspal. Tapi gaya seperti ini juga gak terbilang baru, bradsis. Udah ada pembalap lainnya yang duluan menurunkan sikutnya ke aspal saat melalui tikungan. Tapi mereka semua gak ada yang sesukses Marquez.
 
Riding style Marquez terbukti sebagai evolusi riding style di MotoGP. Posisi badannya terlihat hampir semuanya keluar dari motor, tetap merunduk dan sejajar dengan setang. Sudut kemiringannya kadang bisa dibilang luar biasa, sering kali juga lutut, sikut, dan kaki ikut menyeret di aspal, bradsis. Marquez juga selalu menggeser pantatnya lebih banyak dibanding riding style pembalap lainnya, sering kali saat lewatin tikungan yang tajam, cuma setengah pantat yang ada di jok. Gak sedikit pembalap lain yang coba ngikutin gaya ini, tapi tetap belum ada yang bisa nandingin Marquez.
 
Lantas, apa yang bisa bikin Marquez bisa bertahan dengan riding style-nya? Jawabannya jelas karena ban yang mumpuni. Selain ban, suspensi dan pembalap juga jadi faktor lainnya yang berpengaruh besar. Motor dan teknologinya yang semakin canggih, pembalap bisa mengajak rebah motornya dengan sudut kemiringan yang lebih besar, lebih panjang, dan lebih kencang.
 
Kompon ban jelas ngasih kontribusi paling besar, bradsis. Kemampuan grip ban yang luar biasa terlihat saat pembalap melibas tikungan, dimana kontak ban dengan aspal cuma seluas ukuran kartu kredit. Jaman dulu, bahkan lima tahun yang lalu, mustahil para pembalap bisa memperlakukan motornya seperti ini, bradsis.

Text: Donny (donny@motorexpertz.com),
Photo: therideadvice.com
  929 Votes

Artikel Terkait

  57282   0
11
Feb
2015
Pulang Malem Sendiri? Kenapa Enggak?
  58738   0
09
Feb
2015
Awas, Begal Merajalela!
  108035   1
19
Des
2014
Evolusi Riding Style di MotoGP - Part 2
Komentar Anda
Guest
Generique Priligy Dapoxetine 60mg 20mg levitra india Buy Valtrex In Mexico Priligy Y Levitra Viagra En Ligne En France
CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (37)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !