ECU Turun Kasta, Kapasitas Bensin MotoGP Naik
GM Juli 2015
Pameran Otomotif Surabaya 2016
Achilles Tire
MOTOGP
20
Des
2014

ECU Turun Kasta, Kapasitas Bensin MotoGP Naik

  8142   0
ECU Turun Kasta, Kapasitas Bensin MotoGP Naik
ECU Turun Kasta, Kapasitas Bensin MotoGP Naik

SPANYOL, ME. MotoGP tahun 2016 bakal berubah total, bradsis. Semua menggunakan ECU yang sama, sementara Dorna baru mengeluarkan kebijakan baru lagi nih. Mereka bakal menaikkan kapasitas bahan bakar untuk semua motor. Naik menjadi 22 liter, bradsis..
 
Bagi motor pabrikan, itu berarti penambahan 2 liter. Tahun 2005, kapasitas bahan bakar udah dipangkas dari 26 menjadi 24 liter. Tahun berikutnya, dipangkas lagi menjadi 22 liter. Tahun 2007, dipangkas lagi seliter, bradsis. Terakhir tahun 2014, kapasitas bahan bakar MotoGP kembali dikurangin jadi 20 liter.
 
Penambahan kapasitas bahan bakar ini jelas berkaitan dengan regulasi penyeragaman ECU tadi, bradsis. ECU yang ditawarkan Dorna levelnya berada di bawah ECU yang digunakan tiap tim pabrikan sekarang ini.
 
Motor MotoGP punya teknologi injeksi yang luar biasa iritnya agar bisa menyelesaikan satu balapan penuh. Teknologi ini juga diterapin untuk motor jalanan, tentunya agar irit konsumsi bahan bakarnya. Honda yang paling tertantang dalam hal ini, mereka berhasil unggul di area ini. Gak pernah terlihat motor mereka yang kehabisan bensin setelah balapan. Jelas regulasi terbaru ini ngasih keuntungan untuk pabrikan atau tim lainnya, bradsis.
 
Setelah penyeragaman ECU, penambahan kapasitas bahan bakar, dan perubahan pemasok ban utama di kelas MotoGP, berikutnya adalah menentukan batasan mesin yang boleh digunakan. Kemungkinan besar, untuk tim pabrikan bakal dijatahin 5 mesin per musim. Sementara untuk tim lainnya, boleh menggunakan 12 mesin per musim.

Text: Donny (donny@motorexpertz.com),
Photo: crash.net
  354 Votes

Artikel Terkait