Tarikan Nouvo Kendor, Tukar Per Sentrifugal X-Ride Jadi Lebih Ngacir?
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
UPGRADE PERFORMA
29
Des
2014

Tarikan Nouvo Kendor, Tukar Per Sentrifugal X-Ride Jadi Lebih Ngacir?

  144310   1
Pake Per Sentrifugal X-Ride, Nouvo Makin Ngacir?
Pake Per Sentrifugal X-Ride, Nouvo Makin Ngacir?
Pake Per Sentrifugal X-Ride, Nouvo Makin Ngacir?
Pake Per Sentrifugal X-Ride, Nouvo Makin Ngacir?

TANGERANG, ME. Buat pengguna Yamaha Nouvo, jangan asal tuduh salah satu partnya lantaran performa skutik yang pasarannya masih tinggi ini kendor larinya. Banyak part yang bisa menjadi faktor kendornya performa skutik, salah satunya adalah per kampas ganda alias puli sentrifugal.
 
Menurut Zaenal Arifin, mekanik dari JP Racing, hal yang mesti diperiksa pertama kali adalah jeroan CVT, bradsis. Yups, salah satu di antara komponen CVT adalah per kampas ganda tadi, yang bisa bikin tarikan motor jadi kendor.
 
Mekanisme per ini sendiri untuk meredam kampas, biar gak terlalu cepat menabrak dinding mangkoknya dan menarik kampas kembali ke sedia kala apabila selongsong gas ditutup.
 
Nah, pendapat mekanik beken ini, per milik Nouvo sedikit lebih lembek dibandingkan punya X-Ride, bradsis. Artinya, punya X-Ride lebih keras, dan menurutnya, dengan menukar per kampas ganda Nouvo dengan X-Ride, tarikan (RPM) awal sampe menengah bakal serasa dijambak cewek, alias lebih responsif, bradsis.
 
“Buat yang punya Yamaha Nouvo dan merasa tarikannya kendor, bisa memakai per kampas ganda kepunyaan dari X-Ride. Perubahan yang didapat, tenaga dari RPM bawah sampai menengah berasa banget responsifnya,” ucap mekanik yang akrab dipanggil Gopin ini.
 
Untungnya, sekarang ini udah banyak per kampas ganda X-Ride di pasaran, dengan bermacam spesifikasi dan keunggulan masing-masing. Contohnya kepunyaannya Kawahara nih, “Pakai aja yang 1500 RPM untuk mesin bore-up. Nah, saran saya, buat harian mending pakai yang 1000 RPM punya Kawahara berkelir Silver, mantap tuh buat Nouvo,” katanya sembari bilang per Kawahara ini dibanderol Rp 45 ribuan, bradsis.
 
Mau lebih top markotop lagi larinya? Tunggu di artikel selanjutnya yaa, bradsis..

Text: Rendi (rendimotorexpertz@gmail.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Rendi Noice
  1257 Votes

Artikel Terkait

Komentar Anda
Guest
Ngacoo ni dimana" klo per sentri keras tu tarikan makin lemot. Justru per sentri lembek tarikan responsif. Yg anda maksud per sentri apa per cvt min ??
CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !