Burgess: Elektronik Gak Seberapa, Justru Ban Paling Krusial
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
MOTOGP
06
Jan
2015

Burgess: Elektronik Gak Seberapa, Justru Ban Paling Krusial

  13346   0
Burgess: Elektronik Gak Seberapa, Justru Ban Paling Krusial
Burgess: Elektronik Gak Seberapa, Justru Ban Paling Krusial

AUSTRALIA, ME. Perubahan drastis di MotoGP bakal terlihat pada musim 2016 mendatang, bradsis. Mulai dari perubahan regulasi tentang mesin dan kapasitas bahan bakar, penyeragaman ECU, hingga pergantian ban dari Bridgestone ke Michelin. Dari semua itu, Jerry Burgess, mantan kepala mekaniknya Valentino Rossi, mengganggap perubahan ban yang paling krusial..
 
Bisa jadi, benar apa kata Rossi, MotoGP kembali ke nol lagi. Dimana ECU dan yang dipakai baru, maka semua bakal berubah, termasuk riding style. Michelin harus bekerja keras juga agar bannya bisa diterima semua tim, bradsis. Tapi intinya, semua pengen ban yang gripnya bisa bertahan lama untuk satu balapan penuh.
 
"Saya pikir elektronik bukan masalah yang besar, justru perubahan ban yang akan membuat para pembalap kewalahan, termasuk para pembalap yang ada di depan. Beberapa dari mereka mungkin akan dengan mudah beradaptasi, karena produknya yang bagus," ujar Burgess.
 
Burgess ngelanjutin, "Tapi di tahun '90-an, kita lihat Simon Crafar, dia mampu menang dengan ban depan Dunlop. Tapi saat berganti ke Michelin, dia sama sekali tidak percaya diri, padahal semua pembalap bisa menang dengan ban tersebut."
 
Bahkan, Bridgestone yang udah lama menjadi pemasok ban tunggal untuk MotoGP masih sering kewalahan meng-upgrade ban mereka agar semua pembalap puas dengan produk mereka. Pengetesan ban Michelin belum dimulai, belum bisa bicara banyak juga nih, bradsis. Kita tunggu saat pengetesan, apa kata para pembalap nantinya dengan ban pabrikan Prancis tersebut.

Text: Donny (donny@motorexpertz.com),
Photo: MCN
  507 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !