Gak Cuma Jupiter Z1 Aja yang Dapet Euro3, Semuanya Kebagian!
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
ME-UPDATE
21
Jan
2015

Gak Cuma Jupiter Z1 Aja yang Dapet Euro3, Semuanya Kebagian!

  14373   0

JAKARTA, ME. Setelah Euro3 disematkan di motor Yamaha Jupiter Z1, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), ditahun 2015 ini, mulai mengaplikasikan standar emisi gas buang Euro3 pada motor-motor yang diproduksinya, bradsis. Jadi, gak cuma Jupiter Z1 aja nih yang kebagian jatah teknologi ini..

Sejak Uni Eropa menerapkan Euro3 pada Januari 2006 yang lebih dikenal dengan ECE R40, Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia juga memilih menggunakan regulasi standar Euro3 yang dikeluarkan oleh Worldwide Motorcycle Emission Test Cycle (WMTC), bradsis. Dengan adanya aturan WMTC, motor bisa langsung diekspor ke seluruh dunia ditambah adanya aturan mereduksi noise, khusunya muffler (knalpot) dan mesin motor.

Berawal dari Jupiter Z1 yang dikenal masyarakat lewat sepak terjangnya di Indoprix dan menjadi juara nasional pada tahun 2013 dan 2014, Yamaha pun semakin menguatkan komitmennya untuk menyesuaikan regulasi pemerintah Indonesia menurut Undang-undang No. 2 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, juga Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No. 10 Tahun 2012 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bremotor Tipe Baru Kategori L3.

Selain diaplikasikan Euro3, Jupiter Z1 pun dilengkapi dengan dua perangkat baru, yaitu ECU dan knalpot catalic converter dengan O2 sensor, sehingga dapat membuat motor menjadi semakin ramah lingkungan. Ditambah dengan adanya perubahan panjang katalis, yang sebelumnya 30 mm menjadi 60 mm sehingga matrix volume katalis naik dari 25,7 cm3 menjadi 51,4 cm3.

“Memenuhi standard Euro3 karena kontribusi katalis di knalpot. Dengan standar Euro3, saringan knalpot lebih baik sehingga gas buangnya juga lebih ramah lingkungan. Ini merupakan komitmen Yamaha turut menjaga lingkungan bersama dan menunjukkan sebagai pabrikan yang peduli dan bertanggung jawab kepada masyarakat luas,” ujar Mohammad Masykur, Asisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

Mohammad Mayskur juga menambahkan, bahwa semua motor baru Yamaha yang akan diluncurkan pada tahun ini, juga menggunakan Euro3, bradsis. Jadi bisa dipastikan kalau motor yang disematkan oleh Euro3 dan juga oleh teknologi Fuel Injection (FI) dapat menghasilkan konsumsi bahan bakar yang sangat efisien dan emisi gas buang yang rendah serta ramah terhadap lingkungan.

Tidak hanya Jupiter Z1, motor-motor baru Yamaha yang akan dikeluarkan tahun ini menggunakan Euro3 yang merupakan standar global dan internasional,” tambahnya.

Text: Reza (reza@motorexpertz.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Istimewa
  448 Votes

Artikel Terkait

  2336   0
06
Feb
2020
. PT Astra Honda Motor meluncurkan warna baru untuk varian Honda Revo-X, yaitu Attractive Red yang semakin memperkuat tampikan agresif
  2976   0
05
Feb
2020
CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (46)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !