M1 Banyak Dimodif, Yamaha Yakin Tahun ini Juara!
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
MOTOGP
30
Jan
2015

M1 Banyak Dimodif, Yamaha Yakin Tahun ini Juara!

  13240   0
M1 Banyak Dimodif, Yamaha Yakin Tahun ini Juara!
M1 Banyak Dimodif, Yamaha Yakin Tahun ini Juara!
Kouichi Tsuji
Kouichi Tsuji

MADRID, ME. Tahun lalu, Yamaha YZR-M1 kalah dari Honda RC213V dengan jarak sekitar 2 detik. Untuk 2015 ini, M1 banyak dimodif, dan Yamaha yakin pengembangannya ini bakal ngebawa salah satu pembalapnya jadi juara dunia, baik itu Valentino Rossi atau Jorge Lorenzo..
 
Pada peluncuran livery terbaru tim Movistar Yamaha MotoGP di markas Telefonica Movistar di Madrid, Spanyol, Kouichi Tsuji selaku pimpinan dari Yamaha MotoGP ngebeberin pihaknya udah kerja keras untuk ngembangin M1. Mulai dari detail kecil hingga besar, semua demi ngejar ketertinggalannya dari kompetitor terbesarnya.
 
"Tahun lalu, ketika kami finish di tempat kedua, jarak antara pemenang dengan kami sekitar dua detik, dan itu terjadi sebanyak delapan kali. Balapannya sendiri berjarak 120 kilometer, jadi kami harus mengejar dua detik tersebut sebisa mungkin. Kami melakukan banyak hal pada motor tahun 2015 ini. Tentunya, kami yakin akan mendapat juara tahun ini. Kami punya tim dengan pembalap dan mekanik terbaik," ungkap Tsuji.
 
Kelemahan M1 musim lalu ada di pengereman dan saat downshifting (turun gigi atau deselerasi), dimana pada dua area tersebut Honda justru kuat banget, bradsis. Jelang seri pertama yang bakal digelar di sirkuit Losail, Qatar (21/3), para teknisi Yamaha di Jepang yakin kekurangan M1 tersebut udah teratasi.
 
Girboks seamless yang ada di M1 cuma berlaku untuk naikin gigi aja, sementara Honda udah seamless saat naik atau turunin gigi, bradsis. Sektor ini juga yang fokus dikembangin selama beberapa bulan belakangan.
 
"Kami juga punya masalah bagaimana menghentikan motor secepat mungkin. Kami bekerja keras dan sekarang berkonsentrasi pada girboks. Programnya berjalan baik. Saya harap di awal musim ini kami bisa mendapat feeling yang bagus dibanding tahun lalu," ujar Tsuji.
 
"Musim lalu, titik kelemahan kami adalah pengereman dan itu harus diperbaiki jika ingin mengalahkan kompetitor kami. Terkadang, jika kami ingin pengereman yang baik, kami malah lemah di tikungan. Sekarang kami mencari solusi bagaimana mendapat pengereman yang baik tanpa mempengaruhi kecepatan. Kami sudah punya programnya, Anda akan melihatnya perilaku yang sangat berbeda di motor ini," sambungnya.
 
Bukan cuma brader n sista aja yang dibikin penasaran sama performa dari M1 2015 ini, para petinggi-petinggi Yamaha pun juga pada gak sabar mau lihat pembalapnya ngendarain motor ini, bradsis. Sesi tes pra-musim di Sepang, Malaysia, akhir pekan ini bakal jadi yang pertama kalinya Lorenzo dan Rossi ngegeber M1 2015.

Text: Donny (donny@motorexpertz.com),
Photo: crash.net
  431 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !