Habis Hujan Datanglah Banjir, Penyakit Pun Menyusul
GM Juli 2015
SSS chain
Jakarta Custom Culture 2017
ME-REVIEW
14
Feb
2015

Habis Hujan Datanglah Banjir, Penyakit Pun Menyusul

  8515   0
saat terjadinya banjir di wilayah tangerang
saat terjadinya banjir di wilayah tangerang

JAKARTA, ME. Musim penghujan menyerang, bencana banjir pun datang. Brader n sista udah liat sendiri 'kan, banyak banget daerah yang terkena musibah banjir, atau mungkin brad n sista juga ada yang jadi korbannya? Wah, kalo gitu jangan lupa jaga kesehatan dan kebersihan yaa, bradsis..

Di musim penghujan seperti sekarang ini, banyak wabah penyakit yang ikut datang bersama air banjir. Berikut udah tim ME kumpulin nih daftar beberapa penyakit yang sering muncul akibat banjir:

1. Demam berdarah dengue (DBD), pada saat musim hujan, timbul banyak genangan air. Nah genangan air ini yang bisa jadi tempat perindukan aedes aegypti alias nyamuk demam berdarah.

2. Leptospirosis, penyakit yang disebabkan melalui hewan tikus. Virus penyakit ini disebabkan dari kotoran dan kencing tikus yang terdapat di liang-liang tanah dan tercampur dengan air banjir.

3.Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), penyakit berupa bakteri, virus dan mikroba yang menyebabkan beberapa gejala, seperti batuk dan demam, serta dapat disertai sesak napas dan nyeri dada.

4. Penyakit kulit juga paling banyak muncul, bradsis. Infeksi pada bagian kulit, karena kotoran yang terdapat di air banjir, mulai dari panu, kadas, kurap, dan jamur.

5. Diare, penyakit diare juga banyak bermunculan akibat banjir. Pasalnya, kebersihan atau kehigienisan makanan dan minuman dari brader n sista jadi tercemar dengan air banjir.

6. Memburuknya penyakit kronis juga bisa terjadi. Daya tahan tubuh yang menurun akibat cuaca buruk juga berpotensi memperparah kondisi penyakit brader n sista.

Agar brad n sist terhindar dari penyakit-penyakit di atas, ada tips dari salah satu dokter senior di rumah sakit pemerintah kenalan tim ME nih. "Mesti hidup bersih dan sehat dengan makan dan minum yang baik dan bersih, tidak jajan sembarangan, lebih baik bawa bekal dari rumah, selain itu juga istirahat yang cukup. Selalu mengupayakan kebersihan diri dan lingkungan, mulai sekarang cuci tangan menggunakan sabun cuci tangan, agar kumannya benar-benar mati," papar dr. Ira Ariyanti, ibu Dokter rekanan ME yang saat ini bertugas di salah satu RS milik pemerintah

Terakhir nih brad n sist, banyak-banyak minum air putih yaa. Jangan anggap sepele, air putih banyak khasiatnya. Usahakan tiap hari minum minimal delapan gelas air putih..

Text: Arbi (arbi.motorexpertz@gmail.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Rendi Noice
  290 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (37)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !