Mau Aman Riding di Musim Hujan? Aksesori Ini Haram Dipakai!
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
KNOWLEDGE
18
Feb
2015

Mau Aman Riding di Musim Hujan? Aksesori Ini Haram Dipakai!

  26768   0
Motor Modif, Hindari Aksesoris Ini Saat Musim Hujan
Motor Modif, Hindari Aksesoris Ini Saat Musim Hujan
salah satu yang mesti dihindari motor modif dimusim hujan.
salah satu yang mesti dihindari motor modif dimusim hujan.

TANGERANG, ME. Aksesori emang jadi penunjang penampilan untuk motor loe, bradsis. Apalagi kalo motor udah dimodif, gak afdol kalo gak pasangin aksesori penunjangnya. Tapi harus diinget, gak semua aksesori atau part motor loe aman diajak hujan-hujanan..

Beberapa part atau aksesori malah ada yang bikin loe jadi gak safety di jalan, khususnya di saat musim hujan kayak gini, bradsis. Pasalnya, beberapa part atau aksesori lebih cocok dipasang di motor untuk kepentingan kontes.

Berikut ME kasih tau nih, part atau aksesori yang 'haram' ada di motor loe saat musim hujan:
1. Ban slick ukuran kecil.
Ban slick ukuran kecil, atau yang biasa disebut ban cacing sangat bahaya. Ukuran profilnya yang sangat kecil bikin tapak ban atau grip jadi gak maksimal mencengkram aspal.

2. Footstep
"Berbahan babet dan CNC, ini pasti akan menjadi licin, karena memang bahannya, lebih baik menggunakan footstep yang dilapis bahan karet," ujar Ivan Jeriko, pemilik Albani 28 Modified yang bermarkas di Puri Beta, Ciledug.

3.Lampu HID
"Lampu HID berwarna putih ini sangat bahaya, karena memang mengurangi jarak pandang pengendara," tambahnya. Lebih baik gunakan lampu standar pabrikan, bradsis. Selain udah dirancang khusus, daya pendar sinarnya mudah ditangkap kendaraan lain.

4. Cover CVT
Cover CVT yang sudah dicoak sangat disarankan tidak digunakan. Pasalnya, air hujan atau sisa air hujan akan masuk ke dalam CVT. Kalo air udah masuk ke dalam CVT, part-part di dalamnya bisa rusak, bradsis.

5. Kulit Jok
Jok berbahan kanvas malah membuat riding tidak nyaman, karena bahannya licin. Kalo loe ngerem merosot-merosot terus 'kan jadi gak fokus berkendaranya.

6. Lampu Belakang
Alangkah baiknya loe gak lepas cover lampu belakang atau mika plastik warna merah. Lampu belakang yang gak ditutupin mika merah tersebut dijamin bakal ganggu pandangan brader n sista yang berkendara di belakang loe, bradsis.

"Sebenernya aksesoris asal tidak menghilangkan fungsi dari penggunaannya tidak masalah, tapi untuk di musim hujan ini hindari aksesori seperti ukuran ban kecil. Minimal itu ukuran ban standar pabrikan. Lampu HID putih juga bisa membuat sorotan lampu terhalang dengan hujan, serta lampu rem yang tidak berwarna merah, karena merah menandakan berhenti," terang Aldea, salah satu instruktur Safety Riding PT Daya Adicipta Mustika (DAM).

Sudah tau 'kan, aksesori yang mesti loe hindari saat musim hujan. Demi keselamatan brad n sist dan pengendara di sekitarnya, diganti dulu deh aksesori-aksesori yang udah disebutin tadi. Ride safely, bradsis!!

Text: Arbi (arbi.motorexpertz@gmail.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Dok. ME
  710 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (43)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !