Pengen Main Tanah, Pilih Motor Apa Yaa..
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
ME-REVIEW
25
Feb
2015

Pengen Main Tanah, Pilih Motor Apa Yaa..

  32639   2
Pengen Main Tanah, Pilih Motor Apa Yaa..
Pengen Main Tanah, Pilih Motor Apa Yaa..

JAKARTA, ME. Kayaknya, brader n sista udah pada bosen nih main di aspal. Mulai pada beralih main ke tanah nih. Apalagi, sekarang udah banyak motor trail yang beredar di Tanah Air, bradsis. Tapi jadi makin bingung 'kan loe mau pilih motor yang mana..
 
Paling enak sih emang pilih motor yang bertenaga, yaa kapasitas mesin 250 cc udah pas deh. Main di aspal atau tanah, tenaganya terasa banget tuh. Nah, untuk motor trail di kelas 250 cc, ME nawarin loe semua dengan tiga pilihan nih, antara lain Yamaha WR250R, Kawasaki KLX 250S, dan Viar Cross X 250 SE.
 
Dibahas satu per satu yaa, bradsis. Dimulai dari Yamaha dulu deh, yang ini paling mahal nih. Maklum, statusnya CBU, langsung didatengin dari Jepang. Kalo Yamaha bilang, motor trail ini hampir mirip dengan tipe kompetisi, tapi legal punya alias dilengkapin surat-surat. Berhubung CBU, harganya dibanderol cukup tinggi, yaitu Rp 93 juta (OTR Jakarta).
 
WR250R dibekalin mesin 4-tak, 4-valves, DOHC, berpendingin cairan, dan pastinya udah pake injeksi juga untuk sistem pembakarannya, bradsis. Mesinnya WR250R mampu ngeluarin tenaga maksimum sebesar 22,6 kW pada putaran 10.000 rpm dan torsi maksimum 23,7 Nm pada putaran 8.000 rpm.
 
Kalo secara dimensi, layaknya motor trail pada umumnya, tinggi joknya mencapai 930 mm. Sementara kapasitas tangki, WR250R paling tinggi di antara ketiga motor ini, yaitu 7,6 liter. Meskipun pakai sasis dan swingarm aluminium, bobot WR250R mencapai 134 kg, bradsis.
 
Nah, untuk KLX 250S harganya masih lebih murah lagi dibanding WR250R, yaitu Rp 61,4 juta (OTR Jadetabekser). Motor trail yang satu ini juga statusnya CBU, tapi ngambilnya gak dari Jepang, melainkan dari Thailand.
 
Mesin KLX 250S menggunakan 4-tak, 4-valves, DOHC, dengan kapasitas 249 cc. Tenaga maksimumnya sendiri mencapai 18 kW pada 9.000 rpm dan torsi maksimum sebesar 21 Nm pada 7.000 rpm. Kalo dari spesifikasi pabrikan sih, masih lebih menang WR250R, bradsis. Tapi, sistem pembakarannya masih konvensional alias masih pakai karburator.
 
Sayangnya, tinggi joknya gak dicantumin sama Kawasaki nih. Sementara untuk kapasitas tangkinya, bisa nampung 7,3 liter. Bobotnya juga lebih berat dibanding WR250R, yaitu 137 kg.
 
Nah, terakhir motor trail produksi dalam negeri nih, yaitu Cross X 250 SE, bradsis. Jelas harganya lebih murah dong, 'kan buatan lokal, tepatnya Rp 32,7 juta (OTR Jabodetabek).
 
Cross X 250 SE mengusung mesin berkapasitas 249,6 cc, 4-tak, 4-valves, SOHC, dan berpendingin cairan. Soal tenaga dan torsi maksimumnya, Cross X 250 SE masih sedikit di atas KLX 250S, bradsis. Tenaga maksimumnya mencapai 19 kW pada 9.000 rpm dan torsi maksimumnya 23 Nm pada 7.000 rpm. Meskipun, sistem pembakarannya masih sama-sama pakai karburator.
 
Untuk tinggi joknya, gak jauh beda dengan WR250R nih, mencapai 920 mm. Beratnya sendiri paling ringan kalo dibandingin WR250R dan KLX 250S, cuma 126 kg aja, bradsis. Tapi, kapasitas tangkinya paling kecil nih, cuma bisa nampung 6,7 liter.
 
Nah, sekarang loe pilih sesuai selera. Pasalnya, masing-masing punya kelebihan dan kekurangannya sendiri, bradsis. Sesuain juga sama isi kantong, mau yang Rp 90 jutaan, Rp 60 jutaan, atau Rp 30 jutaan? Tapi yang jelas, loe mau pilih yang mana aja, tampilannya tetep keren semuanya..

Text: Donny (donny@motorexpertz.com),
Photo: Dok. ME
  716 Votes

Artikel Terkait

Komentar Anda
Guest
Buy Cafergot With No Prescription cialis online Dutasteride Proscar Propecia Propecia Uno De Cincuenta
Guest
Achat Misoprostol En Ligne Belgique Isotretinoin Amnesteem Skin Health Medicine On Line Amoxicillin Dosage 875 viagra Buying Levitra In Mexico
CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (37)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !