Michelin Belum Siap Turun di MotoGP?
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
MOTOGP
27
Feb
2015

Michelin Belum Siap Turun di MotoGP?

  13339   0
Michelin Belum Siap Turun di MotoGP?
Michelin Belum Siap Turun di MotoGP?

SEPANG, ME. Insiden saat sesi tes di sirkuit Sepang, Malaysia, bikin sebagian pecinta MotoGP jadi bertanya-tanya nih. Sebenarnya, udah siap belum sih Michelin turun di MotoGP untuk musim 2016 nanti? Pasalnya, MotoGP yang sekarang udah jauh berbeda dibanding saat terakhir Michelin berpartisipasi, bradsis..
 
Insiden kali ini melibatkan Aleix Espargaro, Jack Miller, Andrea Dovizioso, dan Jorge Lorenzo. Mereka ngalamin crash di tikungan 3 dan 5. Bahkan, YZR-M1 milik Lorenzo sampai hancur, karena dua tikungan tersebut merupakan tikungan cepat, bradsis.
 
Semua dilarang ngasih komentar karena masih terikat kontrak dengan Bridgestone. Di sesi tes kali ini, Michelin nyediain dua kompon untuk ban depan dan tiga kompon untuk ban belakang. Belum ada juga kepastian tipe ban apa yang dipakai dari tiap pembalap yang crash. Tapi dari komentar para pembalap saat mereka masih di paddock, ban Michelin yang dipakai merupakan pengembangan yang terbaru. Bahkan, grip ban depan lebih ngegigit dibanding ban. Meskipun kabarnya, ban depan Michelin masih belum terlalu stabil kalo dibandingin sama Bridgestone punya.
 
Jelas ada masalah di sini, bisa dari motor atau dari ban Michelin sendiri. Kalo mau ditelisik, ada banyak emang faktor penyebab terjadinya crash. Bisa karena permukaan aspal yang licin, grip ban yang rendah, setting suspensi, kontrol traksi, atau bahkan pengereman. Emang lebih banyak faktor dari motornya, bradsis. Apalagi, ini pertama kalinya mereka nyobain ban Michelin. Bisa aja karena kesalahan dari setting motor. Pasalnya, empat pabrikan kena imbasnya, Suzuki, Honda, Ducati, dan Yamaha.
 
Dibilang Michelin belum siap, yaa mungkin aja. Pasalnya, Michelin juga belum lama mulai ngetes ban mereka dengan spek motor MotoGP yang sekarang. Terakhir Michelin turun di MotoGP tahun 2008, motor MotoGP juga belum sekencang sekarang dan perangkat elektroniknya pun juga jauh berbeda.
 
Kalo dilihat dari pernyataan Michelin, mereka juga seakan-akan gak mau disalahin sepenuhnya. Mereka bilang mungkin aja para pembalap terlalu awal buka gas atau bisa juga karena setting motor mereka belum sesuai dengan karakter ban mereka yang berbeda.
 
Michelin punya waktu sekitar setahun lagi untuk ngembangin ban mereka, sebelum MotoGP musim 2016 dimulai. Tapi kalo dipikir-pikir, waktu setahun aja pun gak cukup, bradsis. Lihat aja Bridgestone, sampai sekarang pun mereka terus ngembangin ban mereka. Pasalnya, tuntutan dari tiap pembalap dan tiap pabrikan berbeda-beda, tergantung dari karakter pembalap dan karakter motornya sendiri.

Text: Donny (donny@motorexpertz.com),
Photo: crash.net
  434 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (43)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !