Dorna Tertarik Gelar Supersport 300, Makin Banyak Jalan ke MotoGP!
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
ME-UPDATE
05
Mar
2015

Dorna Tertarik Gelar Supersport 300, Makin Banyak Jalan ke MotoGP!

  10158   0
Dorna Tertarik Gelar Supersport 300, Makin Banyak Jalan ke MotoGP!
Dorna Tertarik Gelar Supersport 300, Makin Banyak Jalan ke MotoGP!

JAKARTA, ME. Munculnya Kawasaki Ninja 300, Honda CBR300R, dan Yamaha YZF-R3, bikin Dorna Sports tertarik untuk buka kelas Supersport 300. Penyelenggara MotoGP dan World Superbike ini ngelihat banyak peluang dari munculnya motor-motor Jepang tadi, bradsis..
 
"Pada rapat tanggal 16 Desember 2014, Superbike Commission menyetujui pembentukan grup kerja untuk mengembangkan struktur kelas dari tiap pabrikan yang tertarik untuk kategori entry-level. Kategori ini akan berdasar pada Supersport 300 dan ditujukan untuk menarik kapasitas dan konfigurasi mesin yang bervariasi, dengan tujuan menghasilkan biaya pengeluaran yang rendah dan mengembangkan bakat baru," ujar pernyataan dari Dorna.
 
Tentunya, semua pembalap pasti bertujuan untuk bisa terjun di kelas balap tertinggi, entah itu Superbike atau bahkan MotoGP. Tapi untuk ke sana, tetap ada jenjangnya. Kalo MotoGP, dimulai dari Moto3 lalu Moto2. Nah, untuk Superbike, jenjang paling awal langsung ke Supersport 600, gak ada kelas yang lebih rendah lagi. Dengan adanya kelas Supersport 300, ini bisa jadi transisi yang pas buat naik ke Supersport 600.
 
Kalo udah naik ke Supersport 600, bisa naik lagi ke kelas Superbike yang motornya udah berkapasitas 1000 cc. Tentunya, gak menutup kemungkinan juga untuk pembalap yang udah berkiprah di Superbike dan mau hijrah ke MotoGP, bradsis. Udah banyak kok contoh pembalap Superbike yang hijrah ke MotoGP.
 
Selain ngedidik para pembalap pemula, kelas Supersport 300 juga bisa narik lebih banyak peserta atau tim balap yang baru. Pasalnya, motor 300 cc pasti lebih murah kalo dihitung pengeluarannya.
 
Denger kabar ini, Supriyanto selaku Manager Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) antusias juga, bradsis. "Saya dengar bocoran bahwa orang dari Dorna udah mampir ke Indonesia, mereka melihat situasi balap di sini, karena mereka lihat pemberitaan tentang dunia balap di sini itu begitu heboh, pembalapnya juga tumbuh banyak. Kalau rencana mereka untuk bikin Supersport 300 berjalan, mereka pintar itu," ungkap Supriyanto.
 
Gak menutup kemungkinan juga untuk pembalap Indonesia bisa berkiprah di kelas Supersport 300 ini, bradsis. Pasalnya, kelas balap 250 cc di sini juga 'kan udah mulai meningkat. Tapi sayangnya, baru pabrikan Jepang doang nih yang punya line-up di kelas 300 cc. Pabrikan motor asal Eropa gak punya motor sport 300 cc. Paling mendekati cuma KTM RC390, tapi secara kapasitas mesin udah berbeda, yaitu 390 cc.

Text: Donny (donny@motorexpertz.com),
Photo: Dok. ME
  320 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (37)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !