Lampu Utama Mati Gara-gara Kabel Body, Potongan Kabel Obatnya
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
ME-TIPS
19
Mar
2015

Lampu Utama Mati Gara-gara Kabel Body, Potongan Kabel Obatnya

  316135   3
kabel bodi yang terjepit
kabel bodi yang terjepit
sambungan ke kabel kontak
sambungan ke kabel kontak
sambungan antara kabel kontak dan kabel swit lampu
sambungan antara kabel kontak dan kabel swit lampu

JAKARTA, ME. Lampu utama motor yang berfungsi menerangkan perjalanan loe tiba-tiba mati, pasti bikin pusing pala barbie tuh, bradsis. Banyak penyebabnya dari lampu utama yang gak menyala, dari mulai putus bohlam, switch rusak, dan lain-lain..

Salah satu penyebab yang tim ME temui di bengkel AMS daerah Cipadu, Tangerang, yaitu lampu utama New MegaPro yang mati karena disebabkan oleh tidak mengalirnya arus listrik, bradsis.

"Penyebabnya ada kabel yang terjepit, jadi pasti ada kabel yang putus di tengah kabel body, yang asalnya dari kontak saklar lampu, jadi setrum yang ke saklar lampu nggak ada," buka Rahmadi yang biasa disapa Aki-Aki, selaku Kepala Bengkel AMS, Cipadu.

Penanganan cara cepat dijeberin sama brader Aki nih. Sebelumnya, semua bagian kelistrikan sudah dicek, dan semua pada kondisi normal. Setelah tahu kerusakan pada kabel body, brader Aki langsung memberi cara penanganan hematnya.

Masih perkataan brad Aki nih, bradsis. Langkah cepat agar lampu bisa berfungsi terlebih dulu adalah mengecek soket kabel yang menghubungkan lampu dengan soket yang menghubungkan kontak. Setelah dipastikan tidak adanya arus listrik yang mengalir karena putusnya kabel body, langsung aja loe siapin kabel yang tidak begitu panjang, untuk jumper.

Caranya adalah menyambung bagian kabel body yang terdiri dari 2 warna, loe pilih warna merah strip hitam (soket kabel body kontak). Disambung dengan kabel switch yang terdiri dari 6 warna, loe pilih warna hitam strip merah (soket kabel switch).

Setelah itu terpasang, lampu utama pasti kembali normal lagi deh, bradsis. Weits, jangan seneng dulu, cara seperti ini cuma untuk untuk keadaan darurat aja. Pasalnya, kalo mau urut kabel body, pasti butuh waktu lama..

Text: Arbi (arbi.motorexpertz@gmail.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Arbi
  672 Votes

Artikel Terkait

Komentar Anda
Guest
mantap gan, sekedar info untuk teman teman yang suka otomotif silahkan main ke sparepartshonda untuk belajar tentang cara cek kabel body karisma. Terimakasih
Guest
Kalo strum dari mesin yg ke lampu dpn mati mo lampu jauh dekat.. atau lampu senjanya bagaimana mengatasinyaa... bahkan lampu rem pun mati sebelah ......untuk mtr beat 2013 f 1
Guest
info yang bermanfaat sekali, saya kagum terhadap tulisan anda bagaimana cara anda meyampaikan sangat lugas dan mudah di fahami saya juga pernah menulis tentang wiring diagram cbr dan saya harap bisa bermanfaat seperti tulisan anda seperti ini. maju terus dunia otomotif.
CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (37)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !