Iihh... Ternyata Begini Rasanya Cidera Arm Pump
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
MOTOGP
06
Apr
2015

Iihh... Ternyata Begini Rasanya Cidera Arm Pump

  37363   0
Iihh... Ternyata Begini Rasanya Cedera Arm Pump
Iihh... Ternyata Begini Rasanya Cedera Arm Pump
Iihh... Ternyata Begini Rasanya Cedera Arm Pump
Iihh... Ternyata Begini Rasanya Cedera Arm Pump

INGGRIS, ME. Asli bradsis, bukannya nakut-nakutin, nih. Cidera arm pump ternyata menderita banget. Enggak cuma ngilu sehabis balapan, tetapi selama membalap pun begitu, sakit dan menguras stamina. Tapi, kayak apa sih, rasanya ngalamin cidera arm pump itu. Seperti diilustrasiin Michael Laverty, yang pernah ngalamin cidera itu selain Dani Pedrosa.

Pedrosa baru aja kelar ngejalanin proses operasi cidera arm pump pada lengan kanannya, Jumat (03/4), lalu di Madrid, Spanyol. Dalam proses penyembuhannya, Pedrosa harus rutin check up di bawah pengawasan Dr.  Angel Villamor, seorang ahli bedah ortopedi dan Direktur Medi iQtar Mediciana Avanzada.

Nah, udah ada yang tahu cedera arm pump itu kayak gimana, bradsis? Cedera tersebut membuat kondisi bagi si pembalap melemah secara fisik ketika di atas motor, bradsis. Enggak cuma itu aja, cidera tersebut bahkan membuat si pembalap susah ngendaliin motornya sendiri. Paling riskan adalah ketika di tikungan, di mana kedua lengan harus memainkan tuas kopling, tua rem depan dan selongsong gas.

Untuk kasus yang dialami Pedrosa, wajar kalo langkah operasi yang dijalaninya merupakan hal yang tepat bagi kariernya sebagai pembalap. Tapi, enggak semua cidera yang pernah dialami seorang pembalap dapat sembuh total secara normal, bradsis.

“Cidera ini yang paling melemahkan yang dapat Anda rasakan di atas motor. Anda kehilangan feeling menekan tuas rem depan dan throttle (bukaan gas). Anda masih bisa mengendalikan motor, tetapi tidak dengan akurat. Anda kehilangan feeling yang Anda butuhkan untuk mengendarai motor di level teratas,” terang Michael Laverty, test rider pabrikan Aprilia di ajang British Superbike ini.

Bahkan, Laverty ngungkapin, bahwa operasi yang udah dilakukan Pedrosa kemarin, begitu kurang yakin akan kesembuhannya. "Otot fasia harus dilepas dan Anda bisa mengatasinya, maka butuh waktu kembali di atas motor selama sepuluh hari," ujar Laverty kepada MCN.

Untuk seorang Pedrosa, penyakitnya ini bahkan membutuhkan waktu lebih 4 sampai 6 minggu untuk proses pemulihannya, bradsis. Lagi pula, apa yang diderita Pedrosa tersebut, doi udah melakukan berbagai cara untuk nyembuhinnya selama setahun lalu. Makanya, agak wajar kalo waktu yang dibutuhkannya lumayan lama, bradsis.

Text: Dimas (dimasmotorexpertz@gmail.com),
Text editor: Acip Setiawan,
Photo: Dari berbagai sumber
  743 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (46)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !