Urusan ECU Standard, Harus Ada Kata Sepakat
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
MOTOGP
06
Apr
2015

Urusan ECU Standard, Harus Ada Kata Sepakat

  8690   0
Urusan ECU Standard, Harus Ada Kata Sepakat
Urusan ECU Standard, Harus Ada Kata Sepakat

QATAR, ME. Mulai musim 2016, semua motor di MotoGP bakal pakai ECU standard yang sama dari Magneti Marelli. Persiapannya sendiri bakal dimulai pada 1 Juli 2015 nanti, bradsis. Pihak Grand Prix Commision juga udah bikinin ketentuannya..
 
Selain Magneti Marelli, tiga pabrikan udah ditunjuk oleh GP Commision untuk ikut ngembangin ECU standard ini, bradsis. Suzuki dan Aprilia sendiri gak banyak ikut campur.
 
Basic dari ECU ini bakal diambil dari ECU yang digunakan para tim kategori Open di musim 2015 ini. Mulai dari 1 Juli 2015 hingga akhir musim 2016, jika Honda, Yamaha, dan Ducati menginginkan adanya perubahan pada ECU, maka pihak Dorna harus setuju untuk mengubahnya. Tapi dengan catatan, ketiga pabrikan tadi yang menanggung biaya pengembangannya.
 
Sebaliknya, pada periode yang sama di atas, jika pihak Dorna yang pengen bikin perubahan pada ECU, ketiga pabrikan tadi harus setuju semua. Ada satu aja yang gak setuju, maka Dorna gak bisa mengutak-atik ECU tersebut, bradsis.
 
Jadi, semua harus ada kesepakatan yang nguntungin semua pihak, terkait apa yang harus ada atau tidak ada di ECU. Pengembangan ECU standard ini bakal dipimpin oleh Corrado Cecchinelli, selaku MotoGP Technical Director.
 
Menarik kan, bradsis? Gak heran kalo Valentino Rossi atau pembalap-pembalap senior lainnya penasaran banget sama MotoGP 2016 nanti..

Text: Donny (donny@motorexpertz.com),
Photo: crash.net
  243 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (37)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !