Selang Rem Tersumbat, Nyawa Loe Bisa Juga Diembat
GM Juli 2015
Dunia Scooter Magazine
Achilles Tire
ME-TIPS
09
Apr
2015

Selang Rem Tersumbat, Nyawa Loe Bisa Juga Diembat

  13622   0
Kematian Menunggu Loe Pada Saat Slang Rem Tersumbat
Kematian Menunggu Loe Pada Saat Slang Rem Tersumbat
membersihkan master rem dengan kuas kawat
membersihkan master rem dengan kuas kawat
membersihkan dengan lap kering.
membersihkan dengan lap kering.
tuangkan minyak rem secukupnya
tuangkan minyak rem secukupnya
kuras menggunakan kunci 10
kuras menggunakan kunci 10
tutup kembali master rem
tutup kembali master rem

JAKARTA, ME. Belum lama ini, kejadian mengerikan dialami salah satu pengendara Kawasaki Ninja 150 R, pada saat melakukan pengereman, ternyata rem depan blong, bradsis. Alhasil, mampirlah doi ke bengkel Anjani Racing yang terletak di Jl. Panjang Kelapa Dua, Jakarta Barat.

Curhatan brader pengguna Ninja 150 R ini langsung ditindaklanjuti oleh Dirjo, salah satu mekanik Anjani Racing. Ternyata penunggang Ninja 2 tak ini kurang memperhatikan minyak rem pada motornya, sampai minyak habis dan menimbulkan kerak pada bagian dalam master rem.

"Gimana nggak mau blong, minyak remnya aja tinggal dikit, terus lagi kotor, pasti ada kotoran yang menyumbat pada selang rem. Kalau sudah seperti ini, jangan langsung dimasukkan minyak rem yang baru, mending dibersikan dulu kerak pada master rem," jelas Dirjo.

Pembersihannya cukup mudah kok bradsis. Hanya dengan menggunakan lap kering dan kuas kawat untuk mengikis kerak pada master rem. Tahap selanjutnya, bersihkan sisa-sisa kerak dan masukkan minyak rem secukupnya.

Setelah itu, brad n sist cukup menyiapkan kunci 10 untuk sedikit menguras minyak rem. Tekan dan lepas handle secara perlahan, agar kotoran pada selang ikut terbuang. Jika dirasa sudah cukup, tambahkan lagi minyak rem dan pasang tutup master rem.

Untuk tahap test ride, jangan langsung gas pol yaa. Cukup putar roda di saat loe menekan handle. Jika roda tidak memutar, itu artinya rem sudah kembali bekerja. Mudah kan, bradsis? Nggak butuh waktu lama dan budget yang mahal juga untuk melakukan perawatan ini.

"Minyak rem tidak ada masa waktu penggantian, tidak seperti oli mesin yang mesti rutin dalam hitungan kilometer, yang terpenting perhatikan minyak jangan sampai habis, perhatikan aja jendela pada master rem," tutupnya.

Text: Arbi (arbi.motorexpertz@gmail.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Arbi
  313 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (18)
B. Yamaha WR 250 R (49)
C. Viar Cross X 250 SE (34)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !