Finlandia Siap Jadi Tuan Rumah MotoGP 2017, Indonesia Masih Mimpi
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
MOTOGP
27
Apr
2015

Finlandia Siap Jadi Tuan Rumah MotoGP 2017, Indonesia Masih Mimpi

  15070   0
Sirkuit Kymi Ring
Sirkuit Kymi Ring

FINLANDIA, ME. Sirkuit Kymi Ring di Finlandia, Eropa Utara, dikabarkan akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan MotoGP 2017, bradsis. Sirkuit yang berada di Finlandia tersebut sebenarnya merupakan sirkuit khusus untuk balap jet darat alias Formula 1 (F1)..

Kabar sirkuit ini akan dipakai untuk balapan MotoGP datang dari pihak Finlandia. Pasalnya, penyelenggaraa Formula 1 di sirkuit ini gak ada kelanjutannya, bradsis. "Trek ini sebenarnya khusus untuk balap F1. Tapi Grand Prix tidak pernah menjadwalkan untuk balapan di sini," ujar Kari O Sohlberg selaku badan nasional motorsport Finlandia.

Tak adanya kelanjutan balapan F1 di Sirkuit Kymi Ring mungkin karena biaya yang cukup tinggi. Mereka juga mengakui biaya bengkak untuk penyelenggaraan balapan ini. Makanya, mereka beralih untuk menyelenggarakan MotoGP, Superbike atau event balap mobil GP2, GP3 dan DTM.

Saat ini, MotoGP menjadi balapan bergengsi tingkat dunia yang semakin berkembang. Apalagi direncanakan di tahun 2017 nanti MotoGP akan dihelat sebanyak 20 seri. Jadi, setelah Austria, Thailand dan Chile, masuknya Sirkuit Kymi Ring ini akan menjadi pesaing sebagai tuan rumah gelaran MotoGP.

Sebagai informasi, Finlandia pernah menjadi tuan rumah penyelenggara MotoGP pada 1962-1963 di Tampere dan pindah ke Imatra pada tahun 1982. Kalo dilihat dari letak geografisnya, Finlandia ini ada Eropa Utara, gak terlalu jauh dari Jerman yang juga jadi tuan rumah MotoGP di sirkuit Sachsenring.

Eropa kebagian terus menggelar MotoGP, sementara Indonesia yang makin banyak fans MotoGP cuma bisa gelar nobar alias nonton bareng doang, bradsis. Mau gimana lagi, di sini gak ada sirkuit yang layak buat menggelar balapan sekelas MotoGP. Satu-satunya sirkuit internasional cuma Sentul doang, itupun banyak yang bilang sirkuitnya kurang lebar dan fasilitasnya kurang memadai untuk menggelar MotoGP. Jadi, sementara mimpi dulu aja Indonesia kebagian jadwal jadi tuan rumah..

Text: Ismet (ismet@motorexpertz.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Istimewa
  478 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (37)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !