Oh, Jadi ini Alasan Para Pembalap MotoGP Latihan Dengan Motor Dirt Track
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
MOTOGP
30
Apr
2015

Oh, Jadi ini Alasan Para Pembalap MotoGP Latihan Dengan Motor Dirt Track

  22848   0
Oh, Jadi ini Alasan Para Pembalap MotoGP Latihan Dengan Motor Dirt Track
Oh, Jadi ini Alasan Para Pembalap MotoGP Latihan Dengan Motor Dirt Track
Oh, Jadi ini Alasan Para Pembalap MotoGP Latihan Dengan Motor Dirt Track
Oh, Jadi ini Alasan Para Pembalap MotoGP Latihan Dengan Motor Dirt Track

JAKARTA, ME. Untuk menjaga kebugaran serta mengasah skill, banyak hal yang dilakukan para pembalap, bradsis. Salah satunya adalah balapan dengan menggunakan motor dirt track. Latihan ini dianggap banyak ngasih manfaat positif untuk para pembalap..
 
Sebelum beralih ke dirt track, banyak pembalap yang latihan dengan motocross. Tapi, latihan dengan motor tersebut juga resikonya besar. Adanya rintangan jumping bikin motocross dianggap terlalu berbahaya. Pasalnya, saat jatuh di motocross, pembalap langsung menghantam tanah dan berhenti. Alhasil, bisa bikin tulang retak atau bahkan patah. Sementara dirt track, paling-paling hanya terseret ke luar trek.
 
Banyak pembalap MotoGP yang latihan dengan motor dirt track, sebut saja Nicky Hayden, Colin Edwards, Marc Marquez, dan Valentino Rossi. Bahkan, Rossi sampai bikin sirkuit dirt track pribadi di belakang rumahnya, bradsis.
 
Diakui banyak pembalap, selain meningkatkan kebugaran, latihan dengan motor dirt track bisa ningkatin feeling, baik itu feeling pengereman atau buka-tutup gas. "Bagi saya ini sangat penting untuk latihan mengontrol bagian depan motor. Ini adalah latihan yang bagus juga untuk kebugaran dan sepertinya ini juga tidak terlalu berbahaya, seperti motocross dan lainnya," ungkap Rossi.
 
Rossi sendiri pernah ngalamin cedera di bagian bahu gara-gara latihan dengan motocross di tahun 2010, bradsis. Efeknya, Rossi tampil dalam kondisi yang kurang prima dan harus kalah beberapa kali oleh rekan setimnya, Jorge Lorenzo. Tapi jangan salah, latihan dengan motor dirt track juga bukan berarti gak bisa cedera. Baru-baru ini, Marquez ngalamin cedera saat latihan dengan motor dirt track, kelingking kiri tangannya terlindas dan beberapa bagian tulangnya retak serta salah posisi.
 
Hasil latihan dengan motor dirt track juga bisa diterapin di motor MotoGP, khususnya saat mau masuk tikungan. Banyak pembalap yang melakukan sliding di titik pengereman sesaat sebelum masuk tikungan, bradsis. Marquez sering banget terlihat melakukan aksi ini.
 
Teknik ini awalnya dikembangin di supermoto, dan membantu banget untuk masuk tikungan yang ketat. Banyak yang nyebut teknik ini dengan powerslide, dimana pembalap membuat ban belakang berputar lebih lambat dari ban depan dan ban belakang keluar saat motor hendak memasuki tikungan.
 
Teknik ini bisa membantu pembalap untuk mengangkat motor lebih cepat saat keluar tikungan, bradsis. Caranya adalah dengan menggunakan rem belakang, fungsi rem hanya untuk memperlambat laju ban belakang untuk mengejar kecepatan mesin. Ingat, rem gak diinjak sepenuhnya, untuk menghindari ban terkunci yang bisa bikin motor malah gak terkendali.
 
Jadi, itu sebabnya para pembalap banyak yang latihan dengan motor dirt track. Para pembalap MotoGP juga banyak yang ikutan kalo diajakin balapan motor di luar MotoGP, seperti Superprestigio atau Sic Supermoto Day.

Text: Donny (donny@motorexpertz.com),
Photo: motomatters.com
  558 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (46)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !