Rossi Utak-atik Setting M1, Distribusi Bobot Masih Jadi Masalah Utama
GM Juli 2015
Dunia Scooter Magazine
Achilles Tire
MOTOGP
05
Mei
2015

Rossi Utak-atik Setting M1, Distribusi Bobot Masih Jadi Masalah Utama

  6864   0
Rossi Utak-atik Setting M1, Distribusi Bobot Masih Jadi Masalah Utama
Rossi Utak-atik Setting M1, Distribusi Bobot Masih Jadi Masalah Utama

JEREZ, ME. Valentino Rossi boleh punya dengan senyum lebar setelah jalani sesi tes di Jerez, Spanyol. Pada sesi tes ini, Rossi dan timnya sibuk utak-atik setting YZR-M1. Gak percuma, hasilnya Rossi jadi yang tercepat kedua. Ternyata, distribusi bobot masih jadi masalah utama, bradsis..
 
Di sirkuit Jerez, para mekanik dari tiap pabrikan setuju bahwa distribusi bobot yang balance pada motor penting banget kalo mau menang. Pasalnya, sirkuit ini gak punya trek lurus yang panjang dan banyak tikungan yang ketat, maka itu grip ban depan dituntut lebih maksimal. Selain itu, motor juga gampang wheelie tiap keluar tikungan.
 
Butuh distribusi bobot yang balance untuk bisa lewatin semua dengan baik, bradsis. Selain biar gak mudah wheelie dan grip ban depan lebih maksimal, tapi akselerasi atau traksi ban belakang juga jangan sampai menurun.
 
"Sesi tes hari ini sangat positif. Selama akhir pekan kemarin, kami kesusahan dengan setting, bagian depan, dan saat balapan saya tidak bisa tampil maksimal. Kami tidak punya banyak hal untuk dites. Kami hanya fokus meningkatkan setting motor untuk dibandingkan dengan hasil kemarin dan saya senang kami meningkat pesat," ungkap Rossi.
 
"Kami berhasil meningkatkan catatan waktu, kecepatan motor, dan feeling di atas motor juga lebih baik. Jorge (Lorenzo) mencoba suspensi depan yang baru, tapi kami tidak mencobanya. Kami konsentrasi pada distribusi bobot dan setting yang berbeda, tapi dengan barang yang sama," sambungnya.
 
Bahkan, hal-hal detail yang kecil seperti jok pun juga jadi perhatian Rossi dan timnya, bradsis. Rossi juga mencoba jok yang berbeda, baik bentuk maupun posisinya, untuk riding position yang lebih baik saat di trek lurus.
 
"Tapi untuk distribusi bobot, kami berhasil mengubah cukup besar. Bagian depan sebelumnya sudah sangat berada di limitnya, tapi kami berhasil meningkatkannya. Dalam 2 minggu lagi kami akan berada di Le Mans, saya sangat suka trek ini, tapi sebelumnya saya butuh liburan," tutup Rossi.

Text: Donny (donny@motorexpertz.com),
Photo: yamahamotogp.com
  171 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (18)
B. Yamaha WR 250 R (49)
C. Viar Cross X 250 SE (34)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !