Tim Repsol Honda Bakal Hadapi Krisis Mesin?
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
MOTOGP
07
Mei
2015

Tim Repsol Honda Bakal Hadapi Krisis Mesin?

  22318   0
Tim Repsol Honda Bakal Hadapi Krisis Mesin?
Tim Repsol Honda Bakal Hadapi Krisis Mesin?

JAKARTA, ME. Musim ini, Marc Marquez bertarung sendirian melawan duo Movistar Yamaha, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo. Tim Repsol Honda kayaknya bakal cukup terdesak nih, bradsis. Mengingat baru seri keempat, Marquez udah ngebuka segel 3 mesin, sementara musim ini masih ada 14 seri lagi..
 
Untuk tim pabrikan, seperti Repsol Honda, Movistar Yamaha, Monster Yamaha Tech 3, LCR Honda, dan Marc VDC Honda, mereka punya jatah 5 mesin untuk satu musim. Satu mesin bisa dipakai untuk balapan maksimum 4 seri dan minimum 3 seri. Itu udah termasuk sesi tes, latihan, serta kualifikasi.
 
Nah, baru seri keempat ini, Marquez udah ngebuka segel 3 mesinnya. Meskipun belum didaftarin ke bagian penarikan, tapi 1 mesin Marquez udah rusak saat di seri Austin, bradsis. Mesin ini yang dipakai Marquez untuk balapan di Qatar dan kualifikasi di Austin. Mesin nomor 3 dipakai untuk sesi warm-up di Austin dan balapan di Argentina.
 
Marquez masih punya jatah 4 mesin, 2 mesin sudah dibuka dan 2 mesin masih disegel, bradsis. Mesin nomor 1 udah dipakai balapan 2 kali, di Austin dan Jerez. Sementara mesin nomor 3 baru sekali dipakai balapan, yakni di Argentina. Keadaannya gak jauh berbeda dengan Yamaha di musim 2013. Waktu itu, Yamaha udah ngebuka segel 4 mesin di seri keenam, bradsis.
 
Tapi ada triknya untuk bisa bertahan dengan stok mesin yang menipis. Mereka bisa pakai mesin yang udah sering dipakai untuk sesi latihan. Sementara untuk kualifikasi dan balapan, pakai mesin yang masih segar alias baru dipakai beberapa kali, bradsis.
 
Parahnya kalo dalam satu mesin mereka terpaksa harus nambah satu mesin lagi di luar jatah, pembalap bakal kena pinalti, yakni start dari pit lane, bradsis. Dengan pinalti ini, pembalap baru boleh start 10 detik setelah lampu start mati. Kalo udah kayak begini, jelas buang waktu, dan pasti sulit untuk ngejar pembalap di barisan depan, meskipun dengan mesin baru sekalipun.
 
Stok mesin Dani Pedrosa sendiri juga masih ada 2 mesin yang belum dibuka segelnya. Baru mesin nomor 1 aja yang dipakai untuk balapan hingga seri keempat, bradsis.
 
Tim Movistar Yamaha: Rossi punya stok 3 mesin yang belum dibuka segelnya. Mesin nomor 1 dipakai balapan dua kali dan mesin nomor 2 dua kali. Sementara Lorenzo juga sama, tapi mesin nomor 1 baru dipakai balapan sekali dan mesin nomor 2 tiga kali.
 
Tim Monster Yamaha Tech 3: Pol Espargaro sama seperti Lorenzo. Sedangkan Bradley Smith, juga masih punya 3 mesin yang belum dibuka segelnya, namun mesin nomor 1 udah dipakai di tiga seri pertama dan mesin nomor 2 di Jerez.
 
Tim LCR Honda: Cal Crutchlow menggunakan mesin nomor 2 di keempat seri yang udah berjalan, Namun, stok mesinnya masih ada 3 yang belum dibuka, bradsis.
 
Tim Marc VDC Honda: Scott Redding juga punya stok 3 mesin baru. Mesin nomor 2 dipakai balapan di Qatar dan mesin nomor 1 di tiga seri setelahnya.
 
Tim Factory 2
Ducati: Dari jatah 12 mesin, Andrea Dovizioso pakai mesin nomor 3 di Jerez untuk balapan. Sementara mesin nomor 2 di Qatar dan Austin, dan mesin nomor 3 di Argentina. Andrea Iannone menggunakan mesin nomor 1 untuk balapan di dua seri pertama, mesin nomor 2 di Argentina, dan mesin nomor 3 di Jerez. Tapi mesin nomor 1 miliknya udah ditarik setelah kualifikasi di Jerez, jatah mesinnya tinggal 11, bradsis.
 
Tim Pramac Ducati: Danilo Petrucci udah ngebuka 3 mesin, dan mesin nomor 1 dipakai balapan untuk tiga seri pertama, mesin nomor 3 di Jerez. Mesin nomor 2 justru belum dipakai untuk balapan. Sedangkan Yonny Hernandez juga sama, namun mesin nomor 1 dipakai balapan di Austin, nomor 2 di Qatar dan Argentina, dan mesin ini rusak setelah terbakar saat balapan. Hernandez ngebuka mesin nomor 3 dan menggunakannnya di tiap sesi, termasuk balapan. Jatahnya tinggal 11 mesin lagi.
 
Tim Ecstar Suzuki: Aleix Espargaro baruk ngebuka 2 mesin dan balapan dengan mesin nomor 1 di keempat seri pertama, bradsis. Sementara Maverick Vinales juga baru buka 2 mesin, mesin nomor 2 dipakai balapan di Qatar dan mesin nomor 1 di tiga seri setelahnya.
 
Tim Gresini Aprilia: Marco Melandri jadi satu-satunya pembalap yang udah bikin 2 mesinnya ditarik. Mesin nomor 1 dipakai di sepanjang sesi di Qatar, lalu ditarik setelah kualifikasi. Mesin nomor 2 dipakai di keempat seri pertama ini, meskipun gak pernah dipakai balapan, tapi mesin ini ditarik setelah warm-up di Jerez, bradsis. Jatah mesinnya tinggal 10 lagi. Masih banyak jatah untuk terus ngembangin mesin dan cari tahu di mana kelebihan dan kekurangan RS-GP. Alvaro Bautista gak jauh berbeda dengan Melandri, tapi jatah mesinnya masih lengkap, bradsis.
 
Open
Tim Athena Forward Yamaha: Stefan Bradl 3 dari 11 mesin, Loris Baz 2 dari 12 mesin.
Tim Aspar Honda: Nicky Hayden 2 dari 12 mesin. Eugene Laverty 2 dari 12 mesin.
Tim Cardion AB Honda: Karel Abraham 3 dari 11 mesin.
Tim LCR Honda: Jack Miller 3 dari 12 mesin.
Tim Avintia Ducati: Hector Barbera 2 dari 12 mesin, Mike Di Meglio 2 dari 12 mesin.
Tim IodaRacing Aprilia: Alex De Angelis 2 dari 12 mesin.

Text: Donny (donny@motorexpertz.com),
Photo: motogp.com
  634 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !