Pilihan Ban Tetap Krusial, Ducati Menang di Trek Lurus, Yamaha-Honda di Tikungan?
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
MOTOGP
26
Mei
2015

Pilihan Ban Tetap Krusial, Ducati Menang di Trek Lurus, Yamaha-Honda di Tikungan?

  17692   0
Pilihan Ban Tetap Krusial, Ducati Menang di Trek Lurus, Yamaha-Honda di Tikungan?
Pilihan Ban Tetap Krusial, Ducati Menang di Trek Lurus, Yamaha-Honda di Tikungan?

MUGELLO, ME. Seri keenam MotoGP 2015 bakal dimulai sebentar lagi di sirkuit Mugello, Italia. Seri kali ini diyakini bakal jadi salah satu seri paling seru, bradsis. Selain sirkuit Mugello terbilang sulit, ada banyak juga pembalap MotoGP yang bakal jadi tuan rumah..
 
Tiga pembalap Italia teratas bakal saling berebut untuk ngisi podium, antara lain Valentino Rossi, Andrea Dovizioso, dan Andrea Iannone. Mereka bertiga sama-sama punya motivasi lebih untuk menang. Rossi yang udah menang 7 kali di sirkuit ini dan sekarang mimpin klasemen juga pasti pengen menang di negaranya sendiri. Dovi dan Iannone pun begitu, ditambah lagi Mugello juga merupakan rumahnya Ducati, bradsis. Balapan kali ini juga jadi penting untuk tim mereka.
 
Sementara pembalap Spanyol lainnya, seperti Jorge Lorenzo dan Marc Marquez, keduanya tetap gak bisa dianggap remeh. Lorenzo udah mencetak tiga kemenangan di sirkuit ini. Sementara Marquez, tahun lalu doi yang berhasil injak podium utama. Marquez yang digadang-gadang lagi dalam masa sulit, bisa jadi kali ini momennya doi untuk bangkit, bradsis.
 
Sirkuit Mugello sendiri merupakan kombinasi dari tikungan cepat, tikungan lambat, dan salah satu trek lurus terpanjang yang ada di kalender MotoGP. Dengan trek lurus yang mencapai 1,1 Km, motor MotoGP bisa mencapai top speed 350 Km/jam, ini bakal jadi makanan empuknya Desmosedici GP15 yang powernya luar biasa besar, bradsis. Ditambah lagi, Ducati sebelumnya udah menggelar sesi tes pribadi bersama kedua pembalapnya, Dovi dan Iannone. Musim lalu, rekor top speed dicetak oleh Iannone yang masih duduk di tim Pramac Racing dengan catatan 349,6 km/jam.
 
Banyaknya tikungan di sini memaksa pembalap untuk mengerem lebih dalam. Apalagi untuk masuk tikungan pertama, setelah motor mencapai top speed di atas 340 km/jam, motor mereka harus stabil banget, khususnya bagian depan. Soal pengereman, Honda udah gak perlu dipertanyakan, Yamaha pun udah ada peningkatan. Tinggal bagaimana performa mereka saat masuk dan keluar tikungan. Tikungan cepat juga banyak di sirkuit ini, itu sebabnya grip ban depan bakal penting banget, bradsis. 
 
"Mugello adalah salah satu sirkuit tercepat dalam kalender dan sulit dalam pemilihan ban, karena tikungan cepat, naik turun, pengereman yang dalam, dan temperatur trek yang sering mencapai di atas 50 derajat Celcius," ujar Shinji Aoki, selaku Manager Bridgestone Motorcycle Tyre Development Department.
 
"Aspal Mugello juga punya grip yang tinggi dan bersifat abrasif, ini menantang kami dalam hal teknis. Meskipun cuaca panas sering terjadi, tapi sirkuit ini juga letaknya di daerah pegunungan, maka itu ban kami juga harus bisa digunakan pada temperatur yang rendah, khususnya saat di pagi hari," sambungnya.
 
Aoki juga nambahin, pengereman yang dalam butuh ban depan yang kuat dan stabil, sementara di tikungan cepat butuh kestabilan yang baik dan grip tepi ban yang baik pada ban belakang. Sedangkan untuk di trek lurus, bagian tengah ban juga harus mumpuni, bradsis.

Text: Donny (donny@motorexpertz.com),
Photo: motogp.com
  443 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !