Iannone Gak Cuma Tampil Luar Biasa, Tapi Super Beruntung di Mugello
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
MOTOGP
02
Jun
2015

Iannone Gak Cuma Tampil Luar Biasa, Tapi Super Beruntung di Mugello

  12992   0
Iannone Gak Cuma Tampil Luar Biasa, Tapi Super Beruntung di Mugello
Iannone Gak Cuma Tampil Luar Biasa, Tapi Super Beruntung di Mugello

MUGELLO, ME. Andrea Iannone tampil luar biasa di seri keenam MotoGP 2015 di sirkuit Mugello, Italia. Iannone yang raih pole position boleh dibilang super beruntung bisa finish di tempat kedua, bradsis. Pasalnya, start yang dilakukan Iannone cukup kontroversial nih..
 
Iannone nyaris dikasih sanksi penalti ride through, yaitu ngelewatin pit satu kali. Pembalap asal Italia yang start dari urutan terdepan ini diduga melakukan jump-start, bradsis.
 
Dari layar kaca, terlihat Iannone maju sedikit saat lampu start belum mati. Tapi setelah diteliti, Iannone bener-bener ngelakuinnya sepersekian detik sebelum lampu start mati. Berbeda dengan Karel Abraham yang jelas-jelas maju duluan saat lampu start masih menyala, bradsis.
 
"Kami punya bukti jelas kasus jump start dari Abraham. Dia jelas-jelas keluar dari kotaknya. Kontroversi lainnya adalah Iannone, yang bisa saya bilang adalah pembalap paling beruntung yang pernah saya lihat. Dia bergerak sesaat setelah lampu start mati. Ini adalah kebodohannya yang beruntung, dimana dia memutuskan untuk maju seketika lampu start mati," ungkap Webb.
 
"Di kamera jump start kami, kami punya kamera di tiap baris yang menangkap gambar 500 frame per detik. Di satu frame lampu start menyala dan Iannone di dalam kotak, di frame berikutnya lampu mati dan Iannone bergerak. Dia sangat beruntung dalam waktu yang sangat tipis itu. Dia bisa diberi penalti jika memang ada bukti yang jelas. Jika ada keraguan, maka kami tidak bisa memberikan penalti," lanjutnya.
 
Peraturan jump start ini udah sedikit diringanin, bradsis. Sebelumnya, peraturan ini lebih ketat lagi. Kalo lampu start belum mati, dan ada pembalap yang kedapatan bergerak maju sedikitpun, maka dia terkena jump start. Sekarang berbeda, kalo cuma maju beberapa centimeter atau milimeter, terus berhenti lagi, maka itu bukan jump start.

Text: Donny (donny@motorexpertz.com),
Photo: motogp.com
  354 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !