Mesin RC213V Gak Boleh Disentuh, Marquez Berharap Besar Sama Sasis
FDR Tire
SSS chain
Corsa Ekonomis
MOTOGP
10
Jun
2015

Mesin RC213V Gak Boleh Disentuh, Marquez Berharap Besar Sama Sasis

  10605   0
Mesin RC213V Gak Boleh Disentuh, Marquez Berharap Besar Sama Sasis
Mesin RC213V Gak Boleh Disentuh, Marquez Berharap Besar Sama Sasis

CATALUNYA, ME. Seri ketujuh MotoGP 2015 bakal digelar akhir pekan ini di sirkuit Catalunya, Spanyol. Harusnya ini jadi balapan yang spesial untuk Marc Marquez, mengingat ini negaranya sendiri, bradsis. Tapi RC213V masih bermasalah, mesin terlalu agresif dan gak boleh diapa-apain, Marquez pun berharap banyak pada sasis..
 
Musim ini, performa Marquez jauh berbeda dibanding musim lalu yang berhasil menang 10 seri berturut-turut dari awal seri. Musim ini, Marquez cuma menang sekali, gagal finish dua kali, dan ada di peringkat kelima dengan total 49 poin.
 
Kondisi fisik sama sekali gak ada masalah, bradsis. Masalah terbesarnya ada di motor RC213V miliknya, tepatnya di bagian mesin. Mesinnya terlalu agresif, sehingga bikin grip ban belakang jadi gak maksimal dan Marquez harus bergantung hanya pada ban depannya tiap masuk tikungan.
 
Untuk awal-awal hingga pertengahan balapan, ban depan masih bisa diandalkan, tapi gak selamanya. Di akhir-akhir balapan, ban depan yang jadi tumpuan Marquez saat masuk tikungan juga gak bisa bertahan dan mulai kehilangan grip juga, bradsis.
 
"Saat saya masuk tikungan, mesin selalu mengunci bagian belakang. Jika kami tidak bisa mengubah mesin, kami harus bekerja di bagian sasis untuk mencoba mengurangi sedikit masalah ini," ujar Marquez.
 
Untuk modifikasi sasis juga gak semudah itu, bradsis. Swingarm terbaru keluaran Honda juga diakui Marquez dan rekan setimnya gak terlalu berbeda dengan swingarm yang lama. Selain sasis, tentunya elektronik juga bakal berpengaruh untuk nutupin masalah ini. Meski motornya bermasalah, tapi Marquez tetap optimis dapat raih hasil yang positif di sirkuit ini.
 
"Kami punya banyak pekerjaan untuk mempersiapkan motor. Saya punya hasil yang baik di trek ini dan saya juga menang di sini tahun lalu. Jadi, saya berharap bisa mengulangi hasil yang sama di depan semua fans. Mari kita berharap bisa memberikan persaingan yang ketat dan pertunjukkan yang menarik," tutur Marquez.
 
Karakteristik sirkuit Catalunya cukup sulit juga nih untuk Marquez dan motornya, bradsis. Pasalnya, sirkuit ini punya cukup banyak tikungan, ditambah lagi tikungannya panjang-panjang. Sirkuit Catalunya juga menuntut grip ban belakang lebih optimal, khususnya di bagian tepinya saat menikung..

Text: Donny (donny@motorexpertz.com),
Photo: motogp.com
  288 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (43)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !