Yamaha dan Honda, Sekarang Situasinya Berbalik
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
MOTOGP
23
Jun
2015

Yamaha dan Honda, Sekarang Situasinya Berbalik

  12461   0
Yamaha dan Honda, Sekarang Situasinya Berbalik
Yamaha dan Honda, Sekarang Situasinya Berbalik

CATALUNYA, ME. Kalo musim lalu Honda selalu unggul di tikungan, musim ini berbalik jadi Yamaha yang handal di tikungan, bradsis. Mulai dari ngerem, masuk tikungan, hingga keluar tikungan, YZR-M1 semakin meningkat. Berbeda jauh dibanding Honda RC213V..
 
Pada musim 2014, Valentino Rossi udah tahu M1 miliknya emang lemah saat di tikungan. Berbeda dengan Jorge Lorenzo, M1 miliknya udah cukup kuat di tikungan, tapi Lorenzo masih belum puas dan pengen bisa lewatin tikungan lebih cepat lagi.
 
Yamaha udah paham juga, tikungan adalah sektor dimana Marc Marquez lebih unggul dari kedua pembalap mereka. "Kami telah meningkatkan motor kami sedikit di semua area. Sekarang sepertinya kami semakin dekat. Dua seri terakhir di Mugello dan Barcelona membuktikan itu. Di Mugello, Jorge sangat kuat di zona pengereman. Kami harap kami masih bisa membuat kemajuan agar bisa lebih cepat melewati tikungan," ungkap Rossi.
 
Lorenzo setuju dengan Rossi,  tikungan yang sepaket dengan pengereman jadi kelemahan Yamaha. Selain itu, di bagian mesin juga M1 punya kelemahan, yaitu girboksnya. Honda RC213V udah lebih dulu dilengkapi girboks seamless, baik saat  naikin atau nurunin gigi, bradsis.
 
"Di beberapa balapan terakhir, kami juga membuat kemajuan di bagian elektronik. Kami bisa mengerem lebih baik lagi sekarang, jarak pengereman juga makin singkat. Disc brake yang lebih besar sangat berguna. Tiga hal ini yang membantu Yamaha dalam pengereman. Tapi kami masih belum mengeksploitasi potensinya sepenuhnya," terang Lorenzo.
 
Meskipun musim ini Yamaha udah terbukti meningkat secara signifikan, tapi Lorenzo mengklaim bahwa M1 belum ada di level maksimal, bradsis. Masih banyak yang bisa ditingkatin, khususnya di bagian elektronik. Yamaha juga udah ngasih sasis baru yang diyakini bisa lebih membantu pengereman saat masuk tikungan..

Text: Donny (donny@motorexpertz.com),
Photo: yamahamotogp.com
  449 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !