Mau Mudik Tetap Pakai Motor? Perhatikan Ini Dulu
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
KNOWLEDGE
29
Jun
2015

Mau Mudik Tetap Pakai Motor? Perhatikan Ini Dulu

  8190   0
Pastikan aman dan nyaman mudik dengan motor
Pastikan aman dan nyaman mudik dengan motor
Pastikan aman dan nyaman mudik dengan motor
Pastikan aman dan nyaman mudik dengan motor

JAKARTA, ME. Sebentar lagi banyak yang jalanin tradisi mudik dalam rangka pulang kampung untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri nih, bradsis. Banyak orang rela melakoni perjalanan jauh dari Ibukota atau kota-kota besar untuk sampai ke daerah asal atau kampung halaman dengan menggunakan kendaraan, baik roda empat maupun roda dua menjadi salah satu pilihan brader n sista..

Kendati transportasi umum sudah disediakan pemerintah, tapi buat sebagian brader n sista, mudik dengan kendaraan pribadi jadi pilihan efisien dan ekonomis, termasuk dengan motor. Motor termasuk jadi kendaraan alternatif untuk mudik, meski angka kecelakaan pemudik dengan sepeda motor tiap tahunnya selalu bertambah, bradsis.

Banyak faktor kecelakaan pemudik motor saat perjalanan jauh. Selain sarana infrastruktur jalanan di Indonesia yang masih banyak kerusakan di beberapa daerah, juga ada unsur lain dari sisi si pengendaranya sendiri. Utamanya soal ketahanan fisik, bradsis.

"Sebelum melakukan perjalanan mudik, pastikan kondisi badan cukup istirahat. Kalaupun merasa kelelahan saat dijalan, jangan dipaksakan untuk tetap riding. Kalau tetap ngotot melanjutkan perjalanan resikonya akan mengakibatkan turunnya konsentrasi saat berkendara," bilang Aldea Henry, Instruktur Safety Riding PT Daya Adicipta Mustika (DAM).

Untuk kenyamanan motor, pastikan juga sebelum diajak keluar kota, motor brad n sist harus terlebih dahulu dicek dan diservis. Beberapa bagian yang penting, seperti ganti oli, kampas kopling, kampas kopling hingga busi jangan terlewatkan agar performa motor tetap dalam kondisi baik. "Pastikan semuanya berfungsi dengan normal," ujar Aldea.

Kebiasaan lainnya yang dilakukan pemudik, yaitu membawa oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat di kampung halaman. Lebih aman jika oleh-oleh dikirimkan via paket jauh-jauh hari, bradsis. Jadi, barang yang dibawa saat berkendara hanya benda-benda penting aja.

"Kalaupun terpaksa harus membawa barang bawaan pastikan barang yang disimpan di bagian belakang atau depan jangan melebihi lebar setang kemudi. Ini biar handling dan posisi rider atau penumpang belakang tetap nyaman," ujarnya.

Aldea juga menambahkan, untuk pemudik yang menggunakan motor tipe cub (bebek) atau matik, jangan sampai barang-barang yang disimpan di depan mengganggu ruang kemudi, karena bisa membuat radius putar setang jadi nggak maksimal, bradsis.

Jangan lupa pakai perlengkapan safety yang lengkap, seperti gloves (sarung tangan), sepatu, jaket dan helm SNI pastinya..

Text: Ismet (ismet@motorexpertz.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Istimewa
  292 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (19)
B. Yamaha WR 250 R (49)
C. Viar Cross X 250 SE (34)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !