Sama Seperti Suzuki, Ducati Dituding Cuma Kencang di Kualifikasi
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
MOTOGP
08
Jul
2015

Sama Seperti Suzuki, Ducati Dituding Cuma Kencang di Kualifikasi

  4790   0
Sama Seperti Suzuki, Ducati Dituding Cuma Kencang di Kualifikasi
Sama Seperti Suzuki, Ducati Dituding Cuma Kencang di Kualifikasi

BOLOGNA, ME. Ducati yang tergolong ke dalam kategori Factory 2 punya jatah 12 mesin dalam satu musim. Dari situ, banyak yang menduga Ducati membuat mesin khusus untuk kualifikasi, tentunya agar para pembalapnya bisa start dari barisan pertama, bradsis..
 
Kabar ini langsung ditepis oleh Paolo Ciabatti, selaku Sporting Director & MotoGP Project Director. Setelah seri Mugello, Ducati kabarnya menggunakan mesin dengan spesifikasi berbeda. "Ini jelas-jelas tidak masuk akal," ujar Paolo.
 
Spekulasi mengatakan bahwa Gigi Dall'Igna selaku Ducati Corse Manager, berhasil mengeksploitasi keuntungan dari kategori Factory 2. Khususnya pada saat di trek cepat seperti Mugello dan Barcelona, dimana trek ini punya trek lurus hingga 1 km lebih, bradsis.
 
Ducati mengklaim mereka gak punya konfigurasi mesin yang berbeda, cuma strategi di bagian elektronik aja, bradsis. "Semua tim melakukan ini dengan bantuan elektronik. Di Mugello, motor kami mengalami peningkatan saat pengembangan. Tapi pada dasarnya, ini adalah mesin yang sama seperti yang kami pakai di Qatar," jelas Paolo.
 
"Untuk membuat dua mesin yang berbeda, itu tidak masuk akal sama sekali. Kami punya keuntungan lebih dibanding tim pabrikan. Ban belakang yang lebih soft sudah cukup memberi keuntungan saat kualifikasi. Tapi saya mengerti, jika Ducati meningkat pesat dan kembali ke barisan terdepan, maka kompetitor pasti akan mencari penjelasan yang aneh," lanjutnya.
 
Suzuki gak sampe dituduh punya mesin khusus, mungkin karena mereka juga belum ngasih ancaman yang besar saat balapan. Berbeda dengan Ducati yang udah beberapa kali naik podium, terutama pada awal-awal seri.

Text: Donny (donny@motorexpertz.com),
Photo: motogp.com
  186 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (35)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !