Jangan Mudik Dulu Kalo Belum Mempersiapkan 5 Hal Berikut
GM Juli 2015
Dunia Scooter Magazine
Achilles Tire
KNOWLEDGE
11
Jul
2015

Jangan Mudik Dulu Kalo Belum Mempersiapkan 5 Hal Berikut

  6723   0
Tidak Usah Mudik Sebelum Melakukan 5 Persiapan Ini.
Tidak Usah Mudik Sebelum Melakukan 5 Persiapan Ini.

JAKARTA, ME. Persiapan yang matang hukumnya wajib bagi brader n sista yang mau melakukan perjalanan mudik. Pasalnya, angka kematian pada saat mudik lebaran jumlahnya cukup tinggi, bradsis. Sebanyak 70 % kecelakaan disumbang oleh pengendara sepeda motor..

"Dengan besarnya jumlah kecelakaan yang terjadi pada pengendara motor, sebenarnya kami tidak menyarankan untuk mudik dengan naik motor karena resiko kecelakaan yang cukup tinggi," kata Irwan Setiawan, Marketing Departement Head PT Surayaraya Rubberindo Industries, produsen ban FDR.

Namun jika roda 2 sudah menjadi pilihan bulat untuk berangkat mudik, perhatikan dulu 5 tips aman naik motor jarak jauh:

1. Persiapkan Motor
Pastikan motor loe dalam kondisi baik dan sudah service atau ganti oli. Lakukan lagi pemeriksaan motor secara menyeluruh, apakah ada kerusakan atau ada bagian yang perlu diganti. Jika ban mulai aus harus segera diganti dengan ban memiliki daya cengkeram maksimal.

2. Persiapkan Perlengkapan Keselamatan atau Obat-obatan
Pakai helm SNI (full face), sarung tangan dan sepatu untuk perlindungan. Jaket dengan strip flourescence agar terlihat di malam hari. Jas hujan untuk persiapan jika harus berkendara dalam keadaan hujan. Juga obat-obatan ringan atau obat pribadi.

3. Cermat Dengan Barang Bawaan
Setiap menambah beban akan mempengaruhi suspensi, ban, jarak pengereman, akselerasi, dan saat membelok. Pastikan total beban tidak melebihi berat maksimum yang bisa ditanggung ban, bradsis. Gunakan tas punggung atau pastikan barang bawaan terikat dengan baik dan berat terdistribusi merata. Jika perlu, kirimkan barang bawaan loe terlebih dulu lewat paket, jadi loe gak perlu bawa beban berat selama perjalanan.

4. Pilih Rute yang Aman
Korlantas Polri sudah memberi jalur alternatif untuk para pemudik yang menggunakan sepeda motor. Lebih baik lagi kalo brader n sista mulai perjalanan jauh hari saat kondisi jalanan tidak sepadat mendekati waktu Hari Raya Idul Fitri.
 
5. Rencanakan Perjalanan
Bagi brader n sista yang sering touring, jangan samakan dengan perjalanan mudik. Pastikan cukup beristirahat, jika perlu bagi perjalanan jadi beberapa tahap dan beristirahat di beberapa tempat. Pasalnya, saat mudik kepadatan lalu lintas tinggi dengan faktor kesalahan dari pengendara lain bisa membahayakan loe juga, bradsis.

"Ingat, utamakan keselamatan. Jangan paksakan untuk mudik dengan motor jika Anda dan motor tidak dalam kondisi prima," tutup Irwan.

Text: Arbi (arbi.motorexpertz@gmail.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Istimewa
  274 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (18)
B. Yamaha WR 250 R (49)
C. Viar Cross X 250 SE (34)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !