Digempur Pembalap Spanyol, Pembalap Italia Terus Berjaya
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
MOTOGP
07
Sep
2015

Digempur Pembalap Spanyol, Pembalap Italia Terus Berjaya

  19448   0
Digempur Pembalap Spanyol, Pembalap Italia Terus Berjaya
Digempur Pembalap Spanyol, Pembalap Italia Terus Berjaya

JAKARTA, ME. Jumlah pembalap Spanyol di kelas MotoGP emang lebih banyak dibanding pembalap Italia. Apalagi kalo kita bicara soal pengisi podium, paling sering pembalap Spanyol yang ngisi, bradsis. Meski begitu, pembalap Italia tetap gak gentar..
 
Musim lalu, cuma Rossi dan Dovi aja mungkin pembalap Italia yang bisa naik podium. Sisanya, jelas pembalap Spanyol yang rajin naik podium, bradsis. Pada MotoGP 2015 ini, ada dua seri yang membuktikan dominasi pembalap Italia, antara lain seri pembuka di Qatar dan seri keduabelas di Silverstone.
 
Di Qatar, Valentino Rossi yang menjadi pemenangnya berhasil diikuti oleh duo pembalap pabrikan Ducati, yakni Andrea Dovizioso dan Andrea Iannone. Sedangkan di Silverstone, Rossi menang untuk pertama kalinya, diikuti Dovi dan Danilo Petrucci yang raih podium pertamanya di kelas MotoGP.
 
Rossi udah menang 4 kali dalam satu musim ini, dimana ini adalah rekor tertinggi pembalap Italia sejak musim 2009, dimana di musim tersebut Rossi berhasil menang 6 kali dan Dovi juga menyumbang podium untuk Italia.
 
Seri pembuka MotoGP 2015 yang diisi oleh trio Italia juga merupakan yang pertama kalinya sejak tahun 2006, dimana trio Italia yang terdiri dari Loris Capirossi, Valentino Rossi, dan Marco Melandri, mengisi podium di Motegi, Jepang. 
 
Tahun 2015 ini juga terhitung ada 4 pembalap Italia yang bisa naik podium, bradsis. Terakhir kali ada 4 pembalap Italia yang naik podium dalam satu musim yakni pada tahun 2005, dimana para peraih podium tersebut ada Rossi, Melandri, Capirossi, dan Max Biaggi.
 
Musim ini, udah 20 podium yang berhasil direbut oleh pembalap Italia, antara lain Rossi 12 podium, Dovi 5 podium, Iannone 2 podium, dan Petrucci 1 podium. Kesuksesan pembalap Italia sebagai peraih podium terakhir kali pada tahun 2006, dimana ada 25 podium yang diraih, yakni Rossi 10 podium, Melandri 8 podium, dan Capirossi 7 podium. Dengan sisa 6 seri, kayaknya rekor baru bisa tercatat, bradsis.
 
Selain itu, tahun 2015 ini juga ada 3 pembalap Italia yang berhasil raih pole position di sesi kualifikasi, yakni Rossi, Dovi, dan Iannone. Tahun 2003 adalah terakhir kalinya ada 3 pembalap Italia yang berhasil raih pole position dalam satu musim, antara lain Rossi, Capirossi, dan Biaggi. Jangan lupa, Capirossi dan Biaggi udah pensiun, tinggal Rossi yang sekarang berumur 36 tahun yang masih balapan, bradsis..

Text: Donny (donny@motorexpertz.com),
Photo: speedweek.com
  513 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !