Jangan Sering Biarkan Indikator Bahan Bakar V-Ixion di Bawah Setengah
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
ME-TIPS
12
Sep
2015

Jangan Sering Biarkan Indikator Bahan Bakar V-Ixion di Bawah Setengah

  26092   0
Tips Atasi Kerusakan Fuel Pump Yamaha V-Ixion
Tips Atasi Kerusakan Fuel Pump Yamaha V-Ixion
Sekring Yamaha V-Ixion
Sekring Yamaha V-Ixion
Fuel Pump Yamaha V-Ixion
Fuel Pump Yamaha V-Ixion

JAKARTA, ME. Brader n sista pengguna Yamaha V-Ixion jangan kaget kalau fuel pump alami kerusakan. Apalagi V-Ixion kesayangan jadi kendaraan tempur setiap hari atau sering diajak touring jauh. Kendala fule pump rusak salah satunya lantaran kebiasaan ridernya yang sering lupa membiarkan indikator bensin pada speedometer di bawah setengah..

"Kalau hal ini terjadi sekali atau dua kali nggak masalah. Tapi jika terlalu keseringan dibiarkan lewat dari setengah, bikin cepat aus fuel pump," buka Fandi dari Afandi Motor Sport.

Masalah ini bisa terjadi karena bahan bakar di tangki sering kurang dari setengah, maka media untuk mendinginkan fuel pump jadi berkurang. Padahal fungsi fuel pump sebagai penyalur bensin dari tangki sangat penting biar pasokan bahan bakar lancar, bradsis.

Pada kondisi darurat seperti saat melakukan perjalanan jauh alias touring, Fandi punya trik jitu untuk mengatasinya. "Nggak usah panik. Jika sedang touring dan fuel pump alami kerusakan sebaiknya lampu utama nggak usah dinyalakan untuk sementara," ujarnya.

Ini dilakukan untuk menyiasati pasokan listrik agar hemat. Jika fuel pump, rusak biasanya otomatis lebih boros menyedot aliran listrik. Untuk kondisi darurat, baiknya lampu sementara dimatikan untuk memaksimalkan kinerja fuel pump.

Efek lainnya, fuel pump yang rusak bikin piranti tersebut bekerja ekstra dan mengakibatkan kerusakan pada bagian sekring, bradsis. Kalau sekring original Yamaha biasanya lebih awet dan saat terbakar nggak gampang meleleh. Tapi justru itu yang bikin sulit mendeteksi kerusakan bagi Fandi saat mengalaminya dalam perjalanan touring.

"Saya menyarankan pakai sekring after market. Jadi saat alami kerusakan atau sekringnya putus, saya lebih mudah mendeteksi kerusakan," ucap Fandi yang punya bengkel di Jl. Ciledug Raya No.58, Petukangan Utara, Jakarta Selatan.

Tapi ingat brad n sist, cara ini hanya dilakukan untuk kondisi darurat. Jika sudah menemukan bengkel terdekat, baiknya fuel pump dan sekring cepat diganti dengan yang baru. Jangan lupa, kebiasaan membiarkan indikator penunjuk bahan bakar di bawah setengah ditinggalkan deh..

Text: Ismet (ismet@motorexpertz.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Istimewa
  357 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (37)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !