Impresi ME, Peugeot Metropolis 400i: Serunya Bermanuver Dengan Skuter Roda Tiga Canggih
GM Juli 2015
Dunia Scooter Magazine
Achilles Tire
FIRST RIDE
13
Sep
2015

Impresi ME, Peugeot Metropolis 400i: Serunya Bermanuver Dengan Skuter Roda Tiga Canggih

  10659   0
Peugeot Metropolis 400i
Peugeot Metropolis 400i
Peugeot Metropolis 400i
Peugeot Metropolis 400i
Peugeot Metropolis 400i
Peugeot Metropolis 400i
Peugeot Metropolis 400i
Peugeot Metropolis 400i
Peugeot Metropolis 400i
Peugeot Metropolis 400i

JAKARTA, ME. Pasar sepeda motor asal Perancis baru tahun ini dimainkan oleh PT Garansindo International Motors. Melalui event Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015 beberapa waktu lalu, Garansindo memperkenalkan salah satu line up dari Peugeot scooters, yakni skuter roda roda tiga, Peugeot Metropolis 400i..

Metropolis mengingatkan kita pada skuter roda tiga yang sama-sama asal Eropa, apalagi kalo bukan Piaggio MP3 Yourban Sport yang sempat bikin heboh saat pertama kali mengaspal di Tanah Air. Meski begitu, sebenarnya Metropolis sudah dirilis sejak 2010 silam, bradsis. Tapi baru tahun ini diboyong Garansindo ke Indonesia.

Pada momen IIMS lalu, tim ME sempat merasakan sedikit tentang performanya di area JIExpo Kemayoran. Gimana sih rasanya riding pakai motor roda tiga seharga Rp 219 juta (Off The Road Jakarta) ini?

Untuk mengoperasikan motor ini sangat praktis, karena loe udah nggak perlu repot memasukkan kunci kontak. Metropolis sudah dibekali fitur Smart Key dengan teknologi wireless, bradsis. Loe dimudahkan dengan hanya cukup memutar tuas untuk menghidupkan mesin.

Saat duduk di atas jok, langsung bisa pelajari panel-panel atau indikator pada motor ini. Mulai dari kenyamanan duduk, penglihatan pada speedometer, hingga sistem pengereman. Tuas rem kanan berfungsi untuk mengoperasikan rem pada dua roda depan dan tuas rem kiri untuk mengoperasian ketiga disc brake. Selain itu, saat melihat bagian bawah sebelah kanan juga ada rem kaki juga lho.

Saat akan melaju, pastikan dulu tombol parking brake sudah ditekan ke bawah, bradsis. Tim ME sedikit adaptasi dahulu dengan Peugeot Metropolis ini, karena rider dituntut harus bisa mengendalikan motor dengan sempurna, karena handling dengan dua roda di depan sangat berbeda dengan motor biasa.

Wusss...motor langsung melesat di trek lurus dan nggak ada masalah. Justru tantangannya terasa saat harus menaklukkan belokan, bradsis. Sedikit dengan tikungan agak panjang, motor masih anteng diajak sedikit rebah dan merasakan empuknya suspensi menghajar kontur jalan bergelombang.

Pantangannya, jangan sampai menekuk setang terlalu dalam, karena radius putar setang tak mendukung bermanuver layaknya motor biasa. Jika belum terbiasa dan menekuk setang terlalu dalam, bisa-bisa kaki terpaksa turun untuk ikut membantu menopang berat motor.

Teknologi canggih yang ditawarkan Metropolis juga menarik, yakni Dual Tiliting Wheels (DTW). Teknologi ini menggunakan dual triangulation deformable paralleogram dan memudahkan pergerakan kemudi dan suspensi depan. Inilah teknologi mobil yang diaplikasi pada Metropolis, bradsis.

Metropolis dibekali mesin satu silinder 399cc dengan power maksimal 37,2 dk pada 7.250 rpm dan torsi puncaknya 38.1 Nm pada 5.500 rpm. Meski kapasitas mesinnya cukup gambot, tapi motor punya power sedikit lemot atau smooth, karena dengan bobot motor mencapai 256 kg.

Di area pengetesan yang cukup terbatas, Peugeot Metropolis sudah cukup memberikan gambaran tentang sensasi berkendaranya. Lain cerita lagi kalau bisa riding dengan skuter roda tiga ini di jalanan, apalagi riding jauh keluar kota. Hmmm...

Text: Ismet (ismet@motorexpertz.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Arbi
  321 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (18)
B. Yamaha WR 250 R (48)
C. Viar Cross X 250 SE (34)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !