Ganti Ban di Saat yang Tepat, Akhirnya Marquez Menang Juga
Corporate Banner
SSS chain
GIIAS Surabaya 2020
MOTOGP
14
Sep
2015

Ganti Ban di Saat yang Tepat, Akhirnya Marquez Menang Juga

  17792   0
Ganti Ban di Saat yang Tepat, Akhirnya Marquez Menang Juga
Ganti Ban di Saat yang Tepat, Akhirnya Marquez Menang Juga

MISANO, ME. Meskipun penuh intrik, tapi Marc Marquez akhirnya bisa meraih kemenangan juga di sirkuit Misano, Italia, di kelas premier ini. Gak gampang nyelesain balapan yang sempat diguyur hujan, bradsis. Marquez berhasil menang berkat keputusannya yang tepat untuk mengganti ban..
 
Dari awal jalannya balapan, Marquez lebih sering ada di posisi kedua, tepat di antara duo Movistar Yamaha. Mereka bertiga gak pernah lepas dalam satu rombongan, bradsis. Saking gak ada yang mau ketinggalan, bahkan mereka bertiga pun masuk ke pit bareng-bareng untuk mengganti ban dengan tipe wet.
 
"Menurut saya, tidak ada orang yang menyangka akan hujan, dan tidak ada juga yang bicara tentang kondisi hujan. Tapi begitu akhirnya mulai berawan, kami melihat ada kemungkinan balapan akan sedikit diguyur hujan," ungkap Marquez.
 
"Kami merencanakan semuanya dengan tim sebelum balapan dan kami telah melakukan pekerjaan yang sempurna. Sepanjang balapan, sangat sulit untuk memahami situasi, khususnya ketika berubah dari kering menjadi basah. Ketika berubah lagi dari basah ke kering, sulit untuk melihat bagian trek mana yang benar-benar kering dan kami tidak tahu karena ini aspal baru dan warnanya juga gelap," sambungnya.
 
Instruksi dari tim melalui pit board yang menurut Marquez sangat membantu, bradsis. Timnya membantu Marquez untuk mengambil keputusan tepat untuk mengganti motor.
 
"Menurut saya, Jorge (Lorenzo) hari ini lebih cepat dari saya dan khususnya Valentino (Rossi) dalam kondisi kering, dan makin sulit lagi untuk memenangi balapan, tapi kami punya sedikit peluang," jelas Marquez.
 
"Dari basah ke kering, feeling di atas motor tidak begitu bagus dan Valentino lebih cepat dari saya dan Lorenzo. Tapi pada akhirnya, saya pikir kunci dari balapan ini adalah mengganti lagi ke ban slick dan kami melakukannya di saat yang tepat," lanjutnya.
 
Marquez sendiri gak nyangka dalam satu balapan bisa dua kali mengganti motor dan menang pula. Pasalnya, tiap kali masuk pit banyak waktu yang terbuang, bradsis. Top speed selama melewati pit pun dibatasi hanya 60 km/jam maksimal.
 
"Ini pertama kalinya saya menang di Misano di kelas MotoGP dan selama akhir pekan ini kami telah bekerja keras," pungkas Marquez.

Text: Donny (donny@motorexpertz.com),
Photo: motogp.com
  588 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (46)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !